Artikel

Pengembangan Kualitas Pelayanan Publik Puskesmas Sekardangan Sidoarjo

×

Pengembangan Kualitas Pelayanan Publik Puskesmas Sekardangan Sidoarjo

Sebarkan artikel ini
Pengembangan Kualitas Pelayanan Publik Puskesmas Sekardangan Sidoarjo

Pengembangan Kualitas Pelayanan Publik Puskesmas Sekardangan Sidoarjo

Oleh : Arisma Desy Riana
Prodi : Administrasi Publik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

______________________________

ARTIKEL – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan sebuah fasilitas kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk mencapai taraf hidup sehat.

Karena fasilitas kesehatan yang tentunya didatangi setiap orang, kepuasan pelayanan publik menjadi peranan penting yang harus diperhatikan.

Dalam hal ini pemerintah harus turun tangan memantau dan mempertimbangkan pendapat masyarakat sebagai penerima layanan. Puskesmas adalah salah satu pelayanan publik yang perlu diperhatikan oleh pemerintah.

Puskesmas Sekardangan, Sidarjo merupakan salah satu fasilitas pemerintah yang menyediakan pelayanan publik bidang kesehatan di Sidoarjo.

Puskesmas yang berlokasi di Jl. Wijaya Kusuma No.4, Plipir, Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo ini menjadi andalan warga sekitar yang memiliki akses jauh untuk ke rumah sakit.

Namun, puskesmas ini sering mendapat keluhan terkait pelayanan publik. Dimulai dari banyaknya antrean yang tidak kunjung habis, sulitnya mendapat rujukan dokter untuk ke rumah sakit, ruang tunggu yang terlalu kecil, perawat yang memiliki sikap tidak ramah, hingga sempitnya parkir motor yang membuat masyarakat tidak nyaman.

Karena banyaknya keluhan, pihak puskesmas mulai membenahi dengan memasang kotak saran yang diletakkan di pintu masuk. Tak hanya itu, jumlah pasien mulai di batasi untuk menghindari antrean panjang. Dengan pembenahan tersebut, suasana di puskesmas mulai nyaman dan sikap para tenaga medis menjadi lebih baik.

Membaiknya kualitas pelayanan publik ditandai adanya sebuah survei masyarakat yang mencapai 98% dengan predikat sangat baik. Melihat kondisi puskesmas Sekardangan ini, seharusnya pemerintah setempat lebih memperhatikan. Lebih baik puskesmas diperluas untuk mencakup banyaknya pasien yang semakin banyak.

Bagi masyarakat yang membutuhkan info lebih lanjut terkait puskesmas Sekardangan, bisa langsung memuat web yang tersedia yakni di link berikut https://sippn.menpan.go.id/instansi/172219/dinas-kesehatan/puskesmas-sekardangan

Terkait membaiknya pelayanan publik puskesmas Sekardangan, diharapkan kualitas pelayanan publik di Puskesmas ini semakin meningkat dan maju.
_________________________________

Disclaimer: Seluruh isi dalam tulisan ini tanggung jawab penulis sepenuhnya

× How can I help you?