SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur resmi melaunching Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Bahari Sumekar (DBS) III, Selasa (14/8/2018).

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, kapal untuk transportasi antar pulau merupakan kapal tahan ombak. Sehingga dengan adanya kapal itu mampu membantu melancarkan aktifitas masyarakat kepulauan.

Pembuatan kapal itu sesuai dengan janji pemerintah daerah yang telah menyediakan dana sebesar Rp. 39 miliar melalui APBD Sumenep dalam rangka memenuhi kebutuhan transportasi laut yang nyaman dan aman.

“Pembuatan kapal KMP DBS III menjadi kado luar biasa bagi masyarakat kepulauan Sumenep setelah bertahun-tahun mendambakan kapal motor penumpang yang representatif,” kata Fauzi pada Peluncuran KMP DBS III di Kabupaten Bangkalan.

Politisi PDI P menjelaskan, KMP DBS III memiliki banyak kelebihan, selain tahan ombak juga mampu menampung penumpang sebanyak 300 orang. Ditambah lagi bisa mengangkut barang dengan berat mencapai 75 ton dan minimal 10 unit kendaraan roda empat serta kemampuan melaju dengan kecepatan 15-20 knot per jam.

“Sumenep dengan 126 pulau memang keberadaan KMP DBS III belum sepenuhnya menjawab kebutuhan transportasi masyarakat kepulauan. Karena itu, kami tetap membutuhkan dukungan seluruh stakeholder agar pelayanan transportasi ke kepulauan semakin lebih baik,” ucap Fauzi.

Diakuinya, saat ini pemerintah baru memiliki 2 kapal untuk rute antar pulau yaitu KMP Dharma Bahari Sumekar I dan II, namun hanya KM DBS I yang dikelola PT Sumekar Lines yang beroperasi melayani masyarakat dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Kangean dan Sapeken.

“Kami harap kapal ini mampu melancarkan aktifitas dan perekonomian masyarakat kepulauan,” imbuhnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here