Otak Hingga Hati Bisa Selalu Sehat dengan Konsumsi Apel Tiap Hari

Limadetik.com – Anda pasti pernah mendengar ungkapan yang berbunyi, “memakan sebuah apel sehari membuat dokter menjauh’. Pepatah kuno ini mungkin memang benar adanya. Apel memang cocok Anda konsumsi jika ingin mendukung gaya hidup sehat.

Memasukkan buah ini ke dalam menu diet sehari-hari dapat mendatangkan beragam manfaat kesehatan. Berikut media ini  rangkumkan beberapa di antaranya, sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Rabu (31/10/2018).

Meningkatkan kesehatan otak

Menurut penelitian yang dilakukan sejak 2006 lalu, apel dapat membantu meningkatkan kesehatan sekaligus memori otak. Jadi istilah satu apel sehari juga berlaku untuk memerangi penyakit otak, salah satunya demensia.

Baik untuk usus

Jika Anda pernah mendengar tentang probiotik, inilah saat yang tepat untuk mempelajarinya. Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain.

Secara sederhana, probiotik adalah bakteri usus ‘baik’ yang tumbuh subur di perut Anda. Apel mengandung serat pectin yang berfungsi sebagai prebiotik.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Memiliki imunitas yang lebih baik, berarti membuat risiko Anda jatuh sakit menjadi lebih kecil. Apel menjadi salah satu buah terbaik yang dapat menanggulangi penyakit-penyakit musiman seperti flue, demam, dan batuk, karena mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak dapat dipungkiri bahwa jeruk menjadi salah satu sumber vitamin C terbaik, namun menambahkan apel ke dalam menu sehari-hari Anda juga bisa mendatangkan manfaat kesehatan yang lebih besar.

Baik untuk kesehatan hati

Jika rasa manis apel tidak cukup untuk membuat Anda jatuh cinta, mungkin manfaat kesehatan yang satu ini yang dapat menarik perhatian Anda. Buah favorit Albert Einstein ini ternyata dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Menurut sejumlah penelitian, serat dan antioksidan yang terkandung pada apel seolah memiliki kekuatan magis untuk menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurunkan tekanan darah

Seperti yang sudah disampaikan di atas, apel merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid yang berfungsi sebagai inhibitor ACE.

Senyawa ini dapat membantu Anda mencegah hipertensi di samping diet yang sehat. Apel juga memiliki jumlah potassium yang mengesankan. Senyawa tersebut dapat menjaga tekanan darah Anda.


sumber: okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here