Pelatihan Legal Drafting, DPM SOLUTIF Akan Terbitkan Peraturan ORMEK Dilarang Masuk Kampus

BANGKALAN, Limadetik.com –┬áPelatihan legal drafting, Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (DPM KM UTM) dengan Tema “Membentuk Legislator Muda yang berintegritas, Aspiratif dan Solutif” yang berlangsung diruang rapat 502 Lantai 5 gedung Rektorat Sabtu, (26/5/2018).

Acara yang dimulai pada pukul 08.15 WIB diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia raya, mars UTM dan sambutan-sambutan lalu diakhiri dengan Doa.

Ketua pelaksana Irdiana menyampaikan dalam laporannya, acara tersebut diikuti oleh seluruh Anggota DPM KM dan Delegasi dua orang dari DPM Fakultas Se-Univeristas.

“Pelatihan legal Drafting merupakan agenda utama untuk mengajak seluruh anggota Legislatif baik Universitas mau Fakuktas agar sama-sama memahami cara bagaimana membuat atau merancang peraturan perundang-undangan dengan baik karena memahami hal tersebut merupakan tugas utama para legislator muda Universitas Trunojoyo Madura” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPM KM Halimi berharap dengan diadakannya pelatihan ini, Anggota DPM Se Universitas bisa memahami betul cara membuat peraturan perundang-undangan sehingga dalam satu periode ada produk hukum yang di hasilkan dari DpmF masing-masing.

Legislasi secara umum sebenarnya adalah peraturan namun dapat juga berarti proses pembentukan peraturan perundang – undangan.

“Insyaallah DPM KM dalam periode ini, akan menerbitkan Peraturan Larangan Organisasi Ektra (ORMEK) masuk kampus dan akan ditegaskan dengan sanksi-sanksi nya karena selama ini masih banyak organda atau komunitas yang bisa mengadakan kegiatan di kampus tanpa mematuhi aturan yang ada” ungkap Halimi.

Sedangkan Pemateri Yudi Widagdo Harimurti, mengawali dengan penyampaian materi sekitar satu jam, dilanjutkan dengan praktek membuat peraturan perundangan-undangan.

Dalam kegiatan ini, peserta dibagi tiga kelompok yang dipandu oleh moderator Syarifuddin Suci. setiap kelompok berbeda tugas, ada yang membuat peraturan Almamater tunggal, serta ada yang membuat Peraturan Organisasi Ekstra Kampus (Omrek).

(zen/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.