https://limadetik.com/

Pemkab Sumenep Terapkan Belanja Kriing untuk Permudah Kebutuhan Pokok Masyarakat

  • Bagikan
IMG 20200414 WA0035

SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat, terapkan sistem belanja Kring pada Pasar Anom.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok di tengah situasi seperti sekarang ini dan sekaligus cara pemerintah antisipasi dan mencegah terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

https://limadetik.com/

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Sumenep, Agus Dwi Saputra menjelaskan, bahwa cara belanja kring merupakan salah satu cara Pemkab untuk memberikan kemudahan pada masyarakat dalam memperoleh kebutuhan pokok sehari harinya.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, pasar merupakan tempat berkumpulnya orang banyak. Hingga berpotensi jadi tempat untuk penularan covid-19, dan ini adalah salah satu cara pencegahanya juga” katanya, Selasa (14/4/2020).

Berdasarkan pertimbangan pemerintah dengan adanya kebijakan Social/Physical Distancing, lanjut Agus, Disperindag Sumenep mencoba memberikan solusi terkait masalah tersebut. Dengan belanja kring, masyarakat bisa membeli sembako dengan cara menelpon pihak toko yang telah didaftarkan di belanja kring.

Pada belanja kring tersebut sambung mantan Kabag Pembangunan Pemkab Sumenep ini, sudah ada beberapa daftar belanja kring yang disebarka pihaknya, baik melalui pengumuman dan pamflet atau pun penyebaran informasi kepada sejumlah pelanggan di pasar anom baru Sumenep yang di dalamnya sudah lengkap dengan kontak/nomer handphone toko.

“Kita sudah sebarkan informasi ke beberapa instansi termasuk juga melalui sebaran pamflet agar masyarakat bisa langsung menghubungi pihak toko yang telah masuk list belanja kring, selanjutnya pihak toko melalui kurir akan mengantarkan langsung pesanannya ke rumah pemesan,” jelas Agus.

Selanjutnya tambah Agus, pihaknya berharap, masyarakat benar-benar ikut antisipatif dalam pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah terkait Social Distancing termasuk pula salah satunya menggunakan belanja kring.

“Harapannya mudah-mudahan masyarakat Sumenep bisa mematuhi anjuran pemerintah terkait Social/Physical Distancing, dengan cara berbelanja kring serta ikut menjaga agar Kabupaten Sumenep tetap di kategori Zona Hijau,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa list katagori belanja kring di pasar anom baru sumenep seperti, beras, daging sapi, daging ayam, sayuran, buah, dan sembako dengan jaminan kwalitas belanja terjamin dan dijamin oleh pedagang. (yd/red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan