Ketua DPRD Sumenep H.Herman Dali Kusuma

SUMENEP, limadetik.com – Nasib Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, H. Herman Dali Kusuma sepertinya tidak cerah lagi. Diprediksi dalam waktu dekat kursi kekuasaannya dilegislatif akan diduduki teman separtainya.

Hal itu dipastikan Ketua DPC PKB Sumenep, KH Imam Hasyim, Senin (22/10/2018). Menurutnya, SK DPP PKB sudah turun, sehingga dalam minggu ini, dimastikan ada pergantian.

“SK pergantian sudah masuk ke DPRD Sumenep. Penggantinya H. Dul Siam. Insya Allah minggu ini sudah diganti,” katanya.

Menurutnya, setidaknya ada dua alasan digantinya pimpinan legislatif di Kota Keris tersebut. Pertama, ada beberapa kebijakan H. Herman yang dinilai tidak tanggap terhadap permasalahan di DPRD Sumenep, seperti Surat Keputusan Badan Kehormatan (SK BK) DPRD, yang hingga saat ini belum turun dari pimpinan.

“SK BK DPRD sampai saat ini kan masih belum turun dari pimpinan, untuk BK itu, ini ada apa?, kan begini,” tanyanya.

Disamping itu, sambung mantan Ketua DPRD dua perionde itu, persoalan Komisi Informasi (KI) yang sampai saat ini belum tuntas, menjadi alasan kuat pengambilan keputusan partai besutan KH. Abd Rahman Wahid (Gusdur) tersebut. Maka dari itu oleh, internal PKB berkesimpulan bahwa yang bersangkutan kurang mampu dalam menangani segala permasalahan yang ada di parlemen.

“Kami menilai beliau (H. Herman,red) kurang mampu dalam menangani masalah ini. Kurang respon, kurang respek pada permasalahan ini, kita adakan pergantian untuk penyegaran,” tegasnya.

Disinggung mengenai isu yang santer mengemuka di lingkungan gedung parlemen, digantinya H. Herman Dali Kusuma karena adanya gejolak politik usai pergantian struktur di komisi III, Imam Hasyim beralasan hanya kebetulan.

“Tidak ada sangkut pautnya, cuma kebetulan saja, tidak ada.
Masalah diganti dan tidaknya itu kan tergantung partai, kalau partai menghendaki hal yang begitu tidak ada persoalan, itu kewenangan partai,“ tukasnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here