SUMENEP, limadetik.com – Tempat Pemungutan Suara (TPS) 017 di Dusun Telentean, Desa Longos, Kecamatan Gapura, Sumenep, Jawa Timur tidaklah sama dengan TPS yang lain. TPS yang DPT-nya 204 orang ini dikemas dengan konsep Gubuk Leterasi.

Di dalamnya, panitia menyiapkan perpustakaan mini yang di tempatkan di depan calon pemilih yang nunggu antrian. Sambil menunggu dipanggil, mereka memanfaatkan waktu untuk menambah wawasan dengan membaca buku.

“Termasuk pula kami menyiapkan gubuk literasi. Di Gubuk Literasi ini ada foto dan profil tokoh-tokoh Nasional yang ingin kami perkenalkan kepada masyarakat yang belum mengenalnya,” kata Ketua KPPS 017, Baddrut Taman, Rabu (17/4/2019).

Pria penerima beasiswa S2 LPDP Unesa Surabaya menjelaskan, tujuanya adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Termasuk pula panitia menyiapkan hadiah bagi pemilih yang beruntung. Hadiah yang disiapkan adalah berbagai peralatan dapur, seperti wajan, sutil dan centong.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Dan kami senang, hingga saat ini (Pukul 10.00 WIB), jumlah yang hadir telah mencapai 60 persen. Nanti hingga ditutup, kami optimis mencapai 90 persen yang hadir dari jumlah DPT,” terangnya.

Sementara itu, salah satu calon pemilih di TPS 017, Risnani (31) mengaku senang dengan adanya TPS yang menyiapkan hadiah. Menurutnya ini baru pertama kali di desanya dan masyarakat antusias untuk mendapatkan hadiah.

“Para ibu-ibu senang. Mareka datang ke TPS ini selain untuk menyalurkan pilihannya, juga berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah,” terangnya.

Tidak hanya dapat apresiasi dari calon pemilih, TPS ini juga mendapat respon positif Ketua PPS Desa Longos, Ahmad Fikri Syah. Ia berharap dengan adanya TPS yang unik dan memberikan hadiah mampu meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Tentu kami mengapresiasi cara panitia membuat TPS ini (unik). Sehingga diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih mencapai 85 hingga 90 persen,” katanya.  (hoki/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here