https://limadetik.com/

Akhirnya, Bupati Sumenep yang Baru Kembalikan Fungsi Keraton

  • Bagikan
Akhirnya, Bupati Sumenep yang Baru Kembalikan Fungsi Keraton
FOTO: Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat memasuki keraton

SUMENEP, LimaDetik.Com – Bupati Sumenep yang baru, Achmad Fauzi akhir mengambil sikap tegas dengan cara mengembalikan fungsi Keraton Sumenep pada asalnya.

Itu dilakukan Bupati Achmad Fauzi pada hari pertama ia berdinas, Bupati Achmad Fauzi memasuki keraton dengan berbapakain dinas dan mengenakan blankong khas keraton sumenep, Senin (1/3/2021).

https://limadetik.com/

“Kami ingin mengetahui bagaimana keberadaan Karaton Sumenep,” katanya saat memasuki keraton.

Bupati menyampaikan, keberadaan Karaton Sumenep sudah memiliki usia tua. Itu sebabnya, pihaknya terus memastikan keberadaan dan sebagaimana fungsinya.

“Keraton Sumenep ini kita inginkan benar-benar dijaga kelestarianya,” terangnya.

Harapan Bupati Achmad Fauzi terkait Keraton Sumenep Kemudian, juga akan melihat sisi kemanusiaan harus betul-betul menghargai kebudayaan yang pernah dilakukan sebelumnya oleh pendahulu dan pendiri Keraton Sumenep.

Itu sebabnya menurut Bupati yang baru menjbata ini, para tamu yang hendak berkunjung ke karaton harus melalui pintu depan (Labang Mesem) serta dilarang merokok di area karaton Sumenep.

“Sudah ada ruang khusus bagi tamu atau pengunjung, tepatnya di sebelah barat keraton” ujarnya.

Dikatakan Bupati, anjuran yang diterapkan tersebut untuk menjaga marwah layaknya karaton, dan pengunjung bisa memiliki kesan baik terhadap karaton Sumenep sehingga fungsinya kembali.

“Wajib mengenakan pakain sopan dan rapi bagi siapapun yang berkunjung ke karaton. Jika ada wisatawan yang memakai celana pendek, kami upayakan pariwisata itu menyediakan kain sehingga kesannya tetap terjaga” tukasnya.

(yd/swd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan