Bangun Sinergitas, Polres Pamekasan Adakan Silaturahmi Dengan Insan Pers

PAMEKASAN, Limadetik.com – Kepolisian Resort (Polres)  Pamekasan mengadakan silaturahmi dengan insan pers yang bertugas di wilayah Kabupaten bsrslogan bumi Gerbang Salam, Selasa (23/01/2018) siang di Joglo Mapolres setempat.

Silaturahmi tersebut untuk membangun Sinergitas dalam rangka menciptakan suasana dan situasi Kabupaten Pamekasan  tetap aman, kondusif dan terkendali menjelang Pilkada serentak Juni mendatang.

Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo melalui Wakapolres Kompol Harnoto  mengatakan,  tujuan diadakannya silaturahmi itu untuk saling melengkapi dan memperkuat Sinergitas antara Polri dan Insan Pers sebagai bagian dari pilar keutuhan bangsa.

“Tujuan silaturahmi ini baik media cetak, elektronik, televisi radio media online maupun pegiat netizen untuk mewujudkan kerja sama yang baik, memperkuat Sinergitas antara Polri dan insan pers dalam rangka mewujudkan situasi dan suasana yang aman dan kondusif, apalagi menjelang Pilkada,” kata Kompol Harnoto.

Dirinya juga membutuhkan kehadiran jurnalis untuk bagaimana berperan mengekspos kegiatan kegiatan yang dilaksanakan Polres Pamekasan.

“Tentu peran media sangat vital dalam memberikan informasi, pemberitaan kegiatan Polres untuk bisa di ekspos,” katanya.

Disamping itu, Wakapolres mengungkapkan keberadaan insan pers menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga diharapkan tidak ada berita berita yang sifatnya provokasi dan tidak benar.

“Kita sudah membentuk tim Cyber untuk menyaring berita berita yang tidak benar dan sifatnya provokatif, karena sekarang sudah zaman teknologi yang tak dapat terpisahkan diantara kita, jadi kita kontrol terus lewat itu,” imbuhnya.

Mengenai Pilkada, dirinya juga mengatakan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan berita berita yang provokatif, ciptakan Pamekasan tetap damai. “Jadikanlah demokrasi ini sebagai pesta damai bersama untuk menentukan pemimpin berdasarkan hati nurani tampa adanya ketakutan,” harap Kompol Harnoto.

Sementara ketua PWI Pamekasan, Abdul Aziz diwakili Kepala Bidang Organisasi, Syamsuddin mengucapkan permohonan maaf atas ketidak hadiran ketua PWI yang saat ini sedang menempuh studi lanjut di Surabaya.

Pewarta koran harian Bhirawa ini mengapresiasi langkah Polres Pamekasan mengadakan silaturahmi dengan semua wartawan yang ada di Pamekasan, sehingga dapat tercipta keterbukaan Jalinan kerjasama antara media dan Polres setempat.

“Ini sangat bagus, saya atas nama wartawan Pamekasan mengapresiasi kegiatan yang seperti  ini, sehingga terwujud Jalinan dan sinergitas antara insan pers dengan Polisi,” ungkapnya.

Selain itu Syam sapaan akrab Syamsuddin yang juga ketua Forum Wartawan Pamekasan (FWP)  menyampaikan salam kepada Kapolres Pamekasan yang tidak bisa menemui lantaran kedatangan tamu dari jajaran pimpinan Polda Jatim, agar membuka pintu selebar-lebarnya untuk wartawan dalam menghimpun dan mencari informasi sebagai data pemberitaan.

“Mohon sampaikan permohonan saya kepada Bapak Wakapolres agar dapat disampaikan kepada Kapolres, kerja temen temen ini dikejar target dan di dateline waktu, ketika ada kejadian apapun dan ada koordinasi dari temen temen wartawan agar dibuka pintu selebar-lebarnya pak agar memperoleh data yang akurat, baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Diketahui, silaturahmi yang digelar Polres Pamekasan dengan wartawan dihadiri sekitar 50 insan pers, masing masing dari berbagai media cetak, elektronik, televisi, online dan beberapa pegiat netizen. Adapun organisasi lokal ikut serta kegiatan tersebut, Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP), Forum Wartawan Pamekasan (FWP) serta organisasi wartawan Pamekasan lainnya.

Hadir dalam acara itu Wakapolres Pamekasan Kompol Harnoto, Kabag Ops Kompol Sarpan, Kasubbag Humas AKP Osa Maliki, dan sejumlah Kapolsek jajaran.(arf/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here