Scroll Untuk Membaca Artikel
Headline News

Buka Pameran Bonsai, Wabup Irwan Berharap Bisa Tingkatkan Ekonomi Kreatif

×

Buka Pameran Bonsai, Wabup Irwan Berharap Bisa Tingkatkan Ekonomi Kreatif

Sebarkan artikel ini
Buka Pameran Bonsai, Wabup Irwan Berharap Bisa Tingkatkan Ekonomi Kreatif
FOTO: Wabup Irwan saat menggunting pita di Pameran Bonsai

Buka Pameran Bonsai, Wabup Irwan Berharap Bisa Tingkatkan Ekonomi Kreatif

LIMADETIK.COM, BONDOWOSO – Seni bonsai merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang merupakan sebuah konsep pada era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama para seniman bonsai.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Seperti yang disampaikan Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rahmat, saat menghadiri pembukaan pameran Bonsai dalam rangka HUT Bhayangkara ke 77 di Halaman Polres Bondowoso, Selasa (27/6/2023) sore.

Pameran yang digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) ini diikuti 185 peserta dari 23 kecamatan se Bondowoso.

Menurut Wabup Irwan, dilihat dari data di BPS, pendapatan nasional saat ini 5,79% dari kontribusi ekonomi kreatif salah satunya dari bonsai.

“Seni Bonsai ini melebihi dari kontribusi pertambangan” jelasnya saat ditanya Limadetik.com.

Dikatakan juga bahwa untuk pertambangan hanya 4 sekian prosen kontribusinya sementara untuk ekonomi kreatif terhadap pendapatan nasional 5,79.

“Pemkab Bondowoso nantinya akan selalu memberikan dukungan melalui Dinas Pariwisata, kan ini sudah ada asosiasinya PPBI para pencipta seni bonsai” sambung Wabup.

Sehingga mudah untuk memberikan monitoring dalam rangka bisa menumbuh kembangkan atau memasyaratkan bonsai khususnya kaum milenial.

“Kaum milenial banyak yang suka bonsai, karena ini juga bisa mengangkat pendapatan per kapita masyarakat,” sambungnya lagi.

Dalam pameran ini juga nantinya akan dinilai dalam kelas Pratama, Madya, Utama, dan kelas Bintang. Selain empat kelas tersebut, ada kelas tambahan yakni Exhibition (pameran), dimana yang dipamerkan adalah hasil karya seni bonsai dan mendapatkan door Prize.

Tampak hadir mendampingi Wabup Irwan, Kepala Diskoperindag, Kepala Dinkes, Kepala Diskominfo, Kabag Prokopim, Kepala Bank Jatim Cabang Bondowoso, Wakapolres Bondowoso Kompol Joes Wira Lana, dan Ketua Panitia Pameran Bonsai AKP Didik Waluyo.

× How can I help you?