A. Busyro Karim

SUMENEP, limadetik.com – Bupati Sumenep, Jawa Timur, A. Busyro Karim dan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat, Senin (22/4/2019). Ada puh sekolah yang didatangi adalah di SMP 1 Lenteng, SMP 1 Saronggi, SMP 4 Sumenep dan Mts Negeri 1 Sumenep.

“Secara umum persiapan dan pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Sumenep sudah bagus. Di sana (SMP 1 Lenteng) sempat ada gangguan,” katanya.

Bupati Sumenep dua periode ini berharap agar pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik. Termasuk ia berpesan agar seluruh anak didik di daerahnya dapat menyesuaikan diri dengan sistem pelaksanaan UNBK yang memanfaatkan teknologi.

“Saya berharap seluruh siswa dapat menyesuaikan dengan era digital seperti sekarang. Harus mengerti teknologi. Sekarang sudah tidak seperti masa saya dulu, yang masih menggunakan kertas dan pensil. Anak-anak harus benar-benar menjadi generasi milenial. Harus melek teknologi,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Muhammad Saidi, mengatakan, jumlah peserta UNBK tingkat SMP sederajat di Sumenep tahun ini lebih dari 10 ribu siswa. Mereka tersebar di sebanyak sekitar 98 penyelenggara, baik di daratan maupun wilayah kepulauan.

“Tahun ini di Sumenep 100 persen sudah UNBK. Baik di daratan maupun kepulauan. Kalau ada kendala di lapangan, misalnya komputernya kena virus atau tidak ada sinyal, tetap menggunakan komputer. Tapi offline, bukan online,” tukas Saidi. (hoki/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here