Bupati Pamekasan Sebut Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Bursa Inovasi Desa

PAMEKASAN, Limadetik.com — Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyebut salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah itu ialah melalui program kegiatan bursa inovasi Desa.

Sebanyak 178 desa dari 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Rabu, (24/10/2018) menghadiri bursa inovasi Desa yang dicanangkan Pemkab Pamekasan di Pendopo setempat.

“Melalui program ini, kami ingin menciptakan kompetisi sehat di masing-masing, sehingga dengan cara ini, persaingan sehat akan terwujud,” kata Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

Politikus muda partai kebangkitan bangsa (PKB) mengatakan, Desa yang kreatif secara ekonomi lebih mandiri dan mampu mewujudkan peluang kerja bagi masyarakat di Desanya, dan demikian juga sebaliknya.

Pada program inovasi ini, juga diharapkan agar desa yang lebih maju bisa menginspirasi desa lain yang belum maju.

“Kami ingin di masing-masing Desa nantinya bisa memiliki program inovatif antara dua hingga 3, sebagai program unggulan,” katanya, menambahkan.

Nantinya, sambung dia, program-program ini hendaknya dibahas secara detail di tingkat desa, dimasukkan dalam rancangan kerja dan anggaran pemerintahan desa, yakni APBDes.

“Jadi, bursa Inovasi desa ini akan menjadi sarana untuk saling menunjukkan program kreatif yang akan dilakukan masing-masing desa, untuk memajukan desanya,” ujar Bupati Baddrut Tamam.

“Program ini juga sebenarnya merupakan implemantasi dari anjuran Islam, yakni berlomba-lomba menuju kebaikan,” sambung bupati muda ini.

Bupati juga meminta agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa terus melakukan pendampingan terkait pencanangan program tersebut, sehingga cita ideal Pemkab Pamekasan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat desa melalui program kreatif bisa segera terwujud.

“Melalui Bursa Inovasi Desa ini, mudah-mudahan Pamekasan hebat, Pamekasan Rajjha, Bhajjra dan Parjhuga bisa direalisasikan,” tandasnya. (arif/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here