Scroll Untuk Membaca Artikel
Artikel

Cepat Lemas Saat Berolahraga, Inilah Alasannya dan Cara Mengatasinya!

×

Cepat Lemas Saat Berolahraga, Inilah Alasannya dan Cara Mengatasinya!

Sebarkan artikel ini
Cepat Lemas Saat Berolahraga, Inilah Alasannya dan Cara Mengatasinya!
Ilustrasi

Cepat Lemas Saat Berolahraga, Inilah Alasannya dan Cara Mengatasinya!

Oleh : Puspita Sari
Prodi: Ilmu Keolahragaan
Fakultas : Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Malang

___________________________

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

ARTIKEL – Pernahkan kamu merasa cepat lelah ketika berolahraga, padahal kamu sudah merasa beristirahat dengan cukup? Jika iya, maka kamu tidak sendiri. Ternyata banyak orang yang merasa lelah padahal baru berolahraga dalam waktu yang singkat, lantas apa sebenarnya yang menyebabkan hal ini terjadi?

Mengapa tubuh mudah lelah?
Ada beragam faktor yang menyebabkan tubuh cepat Lelah ketika berolahraga. Mari kita bahas beberapa diantaranya:

1. Kurangnya istirahat yang cukup
Seringkali aktivitas dengan jadwal yang padat, mulai dari sekolah hingga bekerja membuat tubuh kita mengalami kekurangan waktu istirahat yang cukup yang kemudian mempengaruhi kinerja tubuh ketika berolahraga. Terutama jika kamu tipe orang yang banyak beraktivitas di malam hari, ternyata olahraga di pagi hari kurang dianjurkan, berdasarkan International Journal of Environtmental Research and Public Health, orang yang beraktivitas di malam hari cenderung dianjurkan melakukan olahraga di sore atau malam hari, karena apabila dilakukan di pagi hari tubuh akan terasa lebih lelah dan kurang energik.

2. Kurangnya asupan nutrisi yang tepat
Nutrisi yang tepat sangat penting karena nutrisi menjadi sumber energi ketika melakukan segala aktivitas, salah satunya olahraga. Olahraga cenderung membutuhkan sumber energi yang lebih besar dibandingkan aktivitas sehari-hari, sebab itu jika tubuh mengalami kekurangan nutrisi seperti karbohidrat, protein dan vitamin, maka tubuh akan lebih cepat merasa lelah ketika olahraga.

Berdasarkan Jurnal Kesehatan Olahraga pada tahun 2019, ternyata tubuh yang tercukupi nutrisinya cenderung memiliki performa olahraga yang lebih baik, seperti tubuh yang fit dan tidak mudah lelah. Sementara pada orang yang cenderung tidak tercukupi kebutuhan nutrisinya, serta memiliki pola makan yang asal-asalan ternyata memiliki risiko mengalami kelelahan yang lebih tinggi.

3. Dehidrasi
Tentunya kita sudah umum mendengar istilah dehidrasi. Dehidrasi dapat terjadi ketika tubuh mengalami kehilangan cairan, utamanya ketika berolahraga. Dehidrasi ditandai dengan cepat lelah serta berkurangnya fokus. Berdasarkan informasi dari Jurnal Kesehatan Olahraga tahun 2020, ternyata dehidrasi membuat tubuh kita mudah lelah, mudah mengantuk, kesulitan untuk berkonsentrasi bahkan berisiko mengalami cidera.

Dalam beberapa kasus, dehidrasi bahkan menyebabkan kelelahan dan kejang otot serta peningkatan suhu tubuh yang tidak normal. Oleh karena itu, penting untuk minum air yang cukup baik dalam kegiatan sehari-hari maupun ketika berolahraga.

4. Kurangnya kebugaran fisik
Minimnya aktivitas ternyata juga membuat tubuh menjadi cepat lelah. Jika kita jarang beraktivitas, otot dan sistem kardiovaskular tubuh cenderung tak terbiasa dengan aktivitas fisik seperti olahraga, inilah yang menyebabkan tubuh seringkali merasa cepat lelah bagi kita yang kesehariannya terkadang malas bergerak.

Berdasarkan Jurnal Pendidikan Jasmanni tahun 2021, ternyata kebugaran fisik dapat dilatih dengan memulai aktivitas fisik secara rutin guna meningkatkan kemampuan otot, serta melatih tubuh terutama sistem kardiovaskular dan sistem pernapasan agar mulai terbiasa dengan ritme olahraga dan meminimalisir kelelahan akibat olahraga.

Lantas apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya?

Pertama, tentunya membiarkan tubuh memperoleh istirahat yang cukup setiap malam, jika perlu berikan tubuh waktu istirahat tambahan / jeda baik sebelum maupun sesudah sesi olahraga.

Kedua, pastikan makanan yang dikonsumsi merupakan makanna yang sehat dan seimbang, tak hanya itu, pastikan makan tak hanya untuk sekedar kenyang, melainkan juga untuk mencukupi kebutuhan energi, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral bagi tubuh.

Ketiga, pastikan tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu, baik sebelum, selama maupun setelah berolahraga. Terutama jika kita berolahraga dalam waktu yang lama dan di cuaca panas, minum air putih sangat penting guna menggantikan keringat yang keluar akibat berolahraga.

Terakhir, lakukan aktivitas fisik secara bertahap, tubuh kita memerlukan adaptasi untuk melakukan olahraga, sehingga pastikan bahwa olahraga yang dilakukan telah sesuai dengna intensitas dan kemampuan tubuh, mulailah dengan intensitas ringan terlebih dahulu.

Jadi, meskipun tubuh merasa lelah ketika berolahraga, kini hal tersebut sudah tak menjadi hambatan. Dengan memahami penyebab kelelahan tubuh dan cara mengatasinya, maka kamu bisa menjalani olahraga dengan lebih tepa dan meminimalisir rasa lelah yang kamu alami. Mari mulai olahraga, jangan biarkan kelelahan menghalangi kamu untuk bergerak!

× How can I help you?