https://limadetik.com/

Dari DBHCHT, DKPP Pamekasan Anggarkan Rp 3 M untuk Bangun Infrastruktur Jalan Akses Pertanian

Penulis: ArifEditor: Wahyu
  • Bagikan
Dari DBHCHT, DKPP Pamekasan Anggarkan Rp 3 M untuk Bangun Infrastruktur Jalan Akses Pertanian
FOTO: Ilustrasi jalan pertanian

PAMEKASAN, Limadetik.com – Dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat akan segera membangun jalan khusus pertanian.

Dengan dibangunnya jalan khusus pertanian tersebut diharap akan memberikan kemudahan bagi para petani dalam menjalankan aktivitas pertanian masing – masing, sehingga akses jalan menuju ladang mereka tidak lagi terhambat seperti selama ini.

https://limadetik.com/

Tentu hal tersebut dikuatkan dengan keterangan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan Ajib Abdullah. Ia mengatakan pihaknya akan membangun berbagai sarana fisik dan infrastruktur penunjang pertanian. Yakni mulai dari akses jalan pertanian hingga perluasan jaringan dan area irigasi di lahan pertanian di wilayah Pamekasan.

Tentu harapannya untuk memberikan kemudahan sarana transportasi bagi para petani khusus yang bertani tembakau hingga ke pelosok. Terlebih, para petani yang membutuhkan mobilitas dan akses memadai saat mengangkut hasil pertaniannya.

“Pembangunan irigasi ini nantinya juga untuk kemudahan dalam merawat dan menyiram tembakau, sehingga petani dapat terbantu dalam progres penanaman, pemeliharaan, hingga panennya,” kata Ajib Abdullah, Kamis (26/8/2021).

Itu sebabnya, pihaknya sudah menyiapkan setidaknya ada 30 lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan infrastruktur tersebut. Dengan berbagai pertimbangan teknis dan efektivitas pemanfaatan pembangunan fasilitas itu nantinya.

“Untuk dana yang disediakan pada program infrastruktur pertanian itu, DKPP menyiapkan sebesar 3 miliar rupiah. Semuanya, untuk seluruh pembiayaan program yang dirancang DKPP pada tahun anggaran DBHCHT 2021 ini” ungkapnya.

“Oleh karena dana bagi hasil cukai tersebut sudah di plotting untuk kesejahteraan masyarakat petani, jadi semuanya sudah punya pos masig-masing” imbuhnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan