https://limadetik.com/

Dimulainya Penaburan Benih Tembakau

  • Bagikan
IMG 20200404 144351

SUMENEP, Limadetik.com – Beberapa desa bagian pesisir utara wilayah, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep terkenal sangat baik untuk penanaman bibit tembakau. Dari tahun ke tahun tetap saja masyarakat menyediakan bibit berkualitas , sesuai dengan kondisi tanah di daerah Kabupaten Sumenep. Bulan ini mereka mulai menebar benih tembakau.

“Bibit tembakau di Pasongsongan bagian utara biasanya banyak disukai oleh para petani tembakau, baik yang ada di desa bagian selatan Kecamatan Pasongsongan, ataupun beberapa desa di wilayah Kabupaten Pamekasan,” terang Ibu Sundari pada limadetik.com di rumahnya, Dusun Sempong Barat Desa/Kecamatan Pasongsongan, Sabtu (4/4/2020).

https://limadetik.com/

Ibu dua anak ini juga menambahkan, pada umumnya petani tembakau itu datang langsung ke lokasi. Mereka ingin melihat dengan mata kepala sendiri keadaan bibit itu. Mereka juga secara detail menanyakan sama penjualnya tentang masa tanam dan pemupukannya serta jenis tembakau apa.

Beberapa tahun yang lalu sempat ada jenis bibit tembakau baru. Setelah itu mereka mencoba, hasilnya jauh lebih sedikit. Sangat mengecewakan. Karena tanaman tembakau itu membutuhkan perawatan khusus. Seperti pemupukan yang seimbang. Ini merupakan syarat mutlak agar kualitas rasanya enak.

“Biasanya yang paling banyak disukai jenis bibit tembakau jeppon tarnya’ dan tamanggung. Jenis bibit ini cukup familiar di kalangan petani. Mereka sudah tahu cara merawat dan jenis pupuk apa yang cocok,” beber perempuan alumni Pondok Pesantren An-Nuqayah Guluk-guluk ini. (Yant Kaiy/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan