Disdik Sumenep Ingatkan Sekolah Tidak Tarik Biaya PPDB 2018

ilustrasi

SUMENEP, Limadetik.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengingatkan sejumlah pengelola sekoah dasar (SD) untuk tidak menarik biaya dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018-2019.

“PPDB untuk jenjang sekolah dasar, yakni SD dan SMP akan dimulai pada 16 Juli mendatang. Apapun alasannya sekolah tidak boleh memungut biaya kepada siswa untuk kepentingan PPDB,” kata Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Disdik Sumenep, Fajarisman, Sabtu (26/5/2018).

Menurutnya hal itu sesuai aturan dari pusat bahwa PPDB gratis untuk sekolah dasar. Sedangkan untuk tingkat SMA boleh menarik biaya, karena wajib belajar hanya 9 tahun.

Upaya tersebut kata Fajarisman sebagai bentuk komitmen pemerintah agar semua anak usia sekolah bisa mengenyam pendidikan formal. Dari itu pihaknya berharap tidak ada lagi anak yang putus sekoah.

Kemudian apabila sudah diterima sebagai siswa di sekolah tersebut, setiap siswa diwajibkan untuk mengikuti masa orientasi siswa (MOS). Sebab, kegiatan itu merupakan pengenaan siswa terhadap lingkungan sekolah baru. MOS ini dilakukan selama tiga hari, mulai tanggal (16-18/2108).

Fajarisman mengancam, apabila masih ditemukan ada sekolah yang menarik biaya pendaftaran siswa baru, akan memberikan sanksi. Sanksi yang bakal diberikan akan disesuaikan dengan tingkat kesalahan yang dilaggar sekolah.
“Pelanggara pasti ada sanksinya. Seperti apa, kita ihat dulu bentuk pelanggarannya,” imbuhnya. (hoki/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.