SURABAYA, Limadetik.com — Lembaga penguji Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Golf Graha Famili, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur yang berlangsung sejak tanggal 23-24 Desember 2018.

Sebanyak 15 wartawan dari berbagai Daerah yang mengikuti UKW tersebut.

“10 wartawan saja yang dinyatakan kompeten. 5 wartawan belum kompeten,” tegas penguji UKW, Susilastuti DN ketika menyapaikan pengumuman, Senin (24/12/2018).

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UPN “ Veteran” Yogyakarta itu juga mengungkapkan, saat ini, UPN sudah mengluluskan 124 lulusan wartawan yang dinyatakan kompeten.

“Saya harap teman-teman yang belum kompeten jangan berkecil hati, masih ada waktu mengikuti UKW lagi di tahun berikutnya,” ucap wanita yang berkerudung ini.

Dirinya juga berpesan bagi wartawan yang dinyatakan kompeten, agar lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas jurnalistik kesehariannya.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Jurnalis Indonesia, Hartanto Boechori mengucapkan selamat bagi 10 anggota PJI yang dinyatakan kompeten oleh lembaga penguji UKW Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta.

Ia mengatakan, tujuan dari UKW ini sebenarnya untuk memantapkan profesionalitas, wawasan dan etika bagi wartawan yang tergabung dalam organisasi PJI.

“PJI sudah melakukan dua kali UKW. Bagi yang dinyatakan tidak kompeten jangan berkecil hati. PJI pasti akan menyelenggarakan UKW lagi,” Singkatnya.

Terpisah salah satu peserta asal pamekasan Andikur Rahman Selama dua hari, para peserta harus mengikuti semua kegiatan UKW yang dilaksanakan dengan aturan ketat. Setiap peserta dijenjang masing-masing harus mampu menguasai setiap materi dengan waktu yang sangat terbatas.

“UKW ini membuat kita tegang dengan berbagai materi yang harus kita kuasai. Hasil ini merupakan bukti kerja jurnalis saya selama bergelut di dunia jurnalistik dapat dibuktikan,” imbuh wartawan Beritalima.com ini. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here