Ilustrasi

Limadetik.comDi pagi hari adalah waktu yang paling penting, karena saatnya kita menyiapkan diri untuk mengumpulkan energi demi menjalani hari. Salah satunya dengan makan-makanan yang bergizi saat sarapan.

Menu sarapan di pagi harusnya dapat memberi ‘bahan bakar’ untuk membuat kita tetap aktif menjalani aktivitas. Sayangnya, sebagian dari kita sering mengonsumsi makanan yang salah.

Makanan yang kita konsumsi di pagi hari  justru membuat kita malas dan mengantuk dan bahkan dapat menimbulkan penyakit bagi tubuh kita.

Seperti dilansir nakita.grid.id,  berikut adalah makanan yang sering dikonsumsi di pagi hari yang sebaiknya dihindari:

1. Daging Olahan

Makan daging olahan seperti sosis atau nugget memang kurang sehat bagi tubuh, terlebih jika kita mengonsumsinya di pagi hari. Ini karena sosis memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi? Beberapa daging olahan disebut mengandung nitrat yang dapat menyebabkan beberapa jenis kanker.

2. Roti + selai

Meskipun makan roti dan selai menjadi kebiasaan yang kerap dilakukan, nyatanya ini bukan kebiasaan yang tepat. Sebab, roti dan selai mempunyai kandungan utama yang sama yaitu karbohidrat.

Ada baiknya bila saat sarapan, gantilah roti dengan telur, bukan selai.  Karena pada telur terdapat protein yang bisa melengkapi karbohidrat pada roti.

3. Donat

Donat, kue kering, atau apa pun yang terbuat dari tepung dan gula adalah pilihan yang sangat buruk di pagi hari. Karena lagi lagi menu tersebut hanya mengandung karbohidrat.

Pilihlah opsi yang sehat adalah mengonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak zat gizi.

4. Burger

Mengonsumsi burger di pagi hari  adalah pilihan yang buruk.  Kita kadang tak menyadari bahwa pengawet dan saus dalam burger memiliki kandungan yang buruk untuk kesehatan.

5. Jus manis

Meskipun jus buah sehat, kandungan gula di dalamnya membuat jus manis menjadi pilihan buruk untuk sarapan. Cobalah jus sayuran dengan tambahan pemanis dari buah buahan.

Kita memang membutuhkan energi dan nutrisi di pagi hari, tetapi bukan untuk membuat kadar gula melonjak ekstrim.

6. Telur Asin

Namanya juga telur asin, pasti kandungan garamnya tinggi. Nggak bagus kalau kamu mengonsumsinya pagi-pagi karena bisa mengganggu pencernaanmu nanti. Selain itu, telur asin juga ada zat pewarna dan pengawetnya, jadi pilih-pilih dulu sebelum mengonsumsinya, ya!

Adakah makanan atau minuman di atas yang sering kamu konsumsi sebelumnya tiap pagi? Bukan bermaksud melarang sama sekali, tapi sebisa mungkin kamu hindari karena makanan dan minuman tadi kurang ideal jika dikonsumsi di pagi hari. [*]

 

 

 

 

 

 


Sumber: Riau24

Penulis: R24/saut/dyt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here