Inilah 5 Manfaat Membangun Relasi Untuk Kesuksesan

Oleh: Dianul Muslimah

Limadetik.com – Membangun relasi yang baik dengan orang-orang yang ada disekitar kita atau pun dengan orang lain adalah hal yang sangat penting. Sebab sehebat apapun manusia tidak akan pernah bisa hidup sendiri tanpa bersosialisasi atau tanpa bantuan orang lain. Apalagi masa-masa saat ini, persaingan dalam dunia kerja sangat ketat dan selektif. Pintar secara akademis saja tidak cukup tanpa ditunjang dengan adanya sebuah relasi. Hal ini berlaku bagi orang yang ingin bekerja menjadi karyawan ataupun pengusaha.

Seperti yang banyak kita lihat, nasib orang yang pintar secara akademis terkadang masih tersaingi dan lebih beruntung nasib orang-orang biasa namun banyak relasi. Relasi tidak hanya didapatkan dari komunitas saja, melainkan bisa didapat dari lingkungan sekitar atapun di tempat-tempat lain.

Inilah beberapa manfaat dari membangun relasi yang kuat seperti dilansir dari laman Cermati.com:

  1. Sejumlah Keinginan Bisa Tercapai

Setiap manusia yang hidup di dunia ini tentunya memiliki keinginan untuk bisa sukses dan mapan secara finansial. Hal tersebut bisa Anda capai dengan mudah apabila dari awal sudah menjalin relasi dengan orang-orang yang tepat. Artinya, orang tersebut memiliki sesuatu yang bisa membantu Anda untuk mencapai kesuksesan. Sebagai contoh, seorang marketing yang jeli mencari peluang tentunya bisa memanfaatkan relasinya untuk menawarkan barang/jasa yang dijualnya. Hal itu adalah contoh kecil manfaat yang bisa dirasakan dari memiliki relasi.

  1. Relasi Membuat Anda Terbebas Dari Masalah

Percaya atau tidak, jika memiliki relasi yang erat dengan seseorang, Anda pun bisa terbebas dari masalah, semisal masalah keuangan. Mengingat jalinan yang baik Anda dengannya, tak menutup kemungkinan relasi Anda dengan senang hati meminjamkan uang sebagai bantuan. Atau ketika sedang membutuhkan pekerjaan, Anda bisa mendapatkan informasi dari relasi Anda mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia.

  1. Hubungan Baik dengan Teman Lama Akan Berguna Nantinya.

Menjalin pertemanan untuk menambah relasi tidak hanya ditujukan kepada orang baru. Teman yang lama sudah tidak berjumpa dengan Anda pun bisa jadi bagian relasi yang pengaruhnya  tak boleh dianggap remeh. Anda tidak akan pernah tahu bagaimana nasib seseorang pada masa depan. Bisa saja kawan yang dahulu Anda pandang sebelah mata karena kondisi ekonominya, kini telah menjadi orang yang sukses secara ekonomi. Untuk itulah, pentingnya menjaga pertemanan karena Anda tidak pernah tahu kapan membutuhkan bantuan seseorang.

  1. Relasi Membuat Pekerjaan Lancar

Kerja sama tim adalah satu faktor yang penting dalam dunia kerja. Tidak dipungkiri lagi relasi yang Anda bangun dengan rekan kerja akan memengaruhi pekerjaan Anda. Sebab lancar tidaknya pekerjaan tergantung dari sesolid apa relasi Anda dengan rekan kerja. Fakta di lapangan menunjukkan sekalipun secara individu Anda berprestasi, kendala-kendala akan sering ditemukan dalam pekerjaan selama Anda tidak melibatkan tim. Untuk itu, hilangkan ego atau cara pandang Anda lebih baik atau Anda lebih mampu. Realitanya, Anda tak bisa hidup kalau tak ada orang lain. Memang selama ini yang melekat pada Anda apakah semuanya berasal dari Anda?

  1. Relasi Yang Banyak Membantu Anda Memahami Sifat Setiap Orang

Penting untuk dipahami karena tidak setiap orang memiliki sifat yang toleran dan bijak. Banyak juga orang yang memiliki sifat apatis dan arogan. Namun, bukan berarti orang seperti itu harus Anda hindari. Boleh saja orang seperti itu dianggap merugikan. Nyatanya, tanpa diduga malah bisa bermanfaat bagi Anda, baik dalam urusan pekerjaan maupun usaha yang Anda geluti.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda satu sama lain. Namun, yang harus Anda perhatikan di sini adalah bagaimana caranya menghadapi sifat relasi Anda. Semakin banyak Anda berhadapan dengan orang, semakin banyak pengalaman Anda. Pastinya Anda bisa mempelajari dan beradaptasi dengan berbagai macam sifat orang.

Baca juga: 3 Tips Ini yang Harus Diketahui dan Harus Dipelajari Sebelum Memutuskan untuk Magang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here