Jelang Idul Fitri, Konsumsi BBM dan LPG Bali Meningkat

Ilustrasi BBM

DENPASAR, Limadetik.com – Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) memperkirakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Bali saat Ramadhan dan Idul Fitri 1439 Hijriyah meningkat satu hingga lima persen. General Manager Pertamina MOR V, Ibnu Chouldum mengatakan selain menyiapkan penambahan stok, Pertamina juga membentuk tim satuan tugas khusus untuk memantau dan mengondisikan kelancaran penyaluran BBM dan LPG.

“Satgas ini akan beroperasi H-14 hingga H+7 Idul Fitri,” kata Ibnu,┬áSenin (28/5).

Konsumsi normal harian BBM di Bali untuk premium sekitar 602 kilo liter (kl) per hari dan diperkirakan naik hingga 632 kl per hari. Konsumsi harian pertalite 1.160 kl per hari dan diproyeksi naik hingga 1.218 kl per hari.

Konsumsi harian pertamax di Bali normalnya 716 kl per hari dan diprediksi meningkat 752 kl per hari. Pertamax turbo normalnya dikonsumsi dua kl per hari dan angkanya diproyeksi tetap. Konsumsi solar diperkirakan menurun dari 478 kl per hari menjadi 472 kl per hari.

Ibnu menambahkan konsumsi LPG bersubsidi menjelang Idul Fitri diperkirakan meningkat hingga enam persen dari konsumsi normal bulanan, yaitu 16.358 metrik ton (MT) dari normalnya 15.432 MT. Konsumsi LPG nonsubsidi juga meningkat hingga sembilan persen, dari biasanya 574 MT menjadi 631 MT per bulan.

“Kami membentuk 22 agen siaga dan 108 pangkalan siaga di seluruh wilayah Bali,” kata Ibnu.

Pertamina juga melakukan built up stock di tabung dan menjaga stok di gudang, agen, pangkalan, dan outlet LPG selalu penuh. Monitoring kondisi cuaca dan gelombang penyeberangan Lombok-Bali juga dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak pelabuhan dan kapal. (rb/ld)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.