Karena Berbahaya, Bupati Bondowoso Tak Rekomendasikan Bukit Piramid Jadi Tempat Wisata

1562583188103

BONDOWOSO, limadetik.com — Karena terlalu berbahaya Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso, tidak merekomendasikan Bukit Piramid Pegunungan Argopuro sebagai tempat wisata. Hal ini menyusul meninggalnya Thoriq Rizki Maulidan waktu mendaki bukit tersebut beberapa hari yang lalu.

Ini diutarakan Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat acara Evaluasi Penyelamatan Pendakian Bukit Piramid yang di gelar di Pendopo Bupati Bondowoso, Senin (8/7/2019).

“Walaupun panorama alamnya mempesona dan sangat indah, Bukit Piramid tidak direkomendasikan sebagai tempat wisata. Karena sangat berbahaya” kata Bupati dalam sambutannya.

Menurut Bupati Salwa, pihaknya akan berkordinasi dengan pihak Perhutani, yang intinya membatasi dan tidak semua orang bebas ke sana. Sebab, untuk menaklukkan medan tersebut, harus orang yang benar-benar profesional.

“Seharusnya di sana diberikan pengumuman. Bagi yang pendaki seharusnya menjaga sikap, artinya tidak sampai berbuat hal yang tidak baik” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukuh Triyatmoko, hingga saat ini masih belum ada regulasi terkait dengan bukit Piramid itu. Sehingga tidak boleh digunakan sebagai tempat wisata untuk umum dan masyarakat diminta berhati-hati saat naik ke bukit Piramid.

“Seharusnya ada jalan masuk menuju kesana dan juga adanya portal, dengan melibatkan personel dari Perhutani dan masyarakat untuk ikut juga mengawasi kalau ada yang mau melakukan pendakian” tutur Kukuh pada awak media.

Dengan demikian pihaknya berharap agar pada pendaki maupun pecinta alam yang datang harus berkoordinasi dengan Perhutani maupun masyarakat setempat.

“Kami telah berkoordinasi dengan Perhutani maupun masyarakat untuk memberikan himbauan jika ada orang akan melakukan pendakian di sana, ini semua demi keselamatan dan hal yang tidak kita inginkan bisa dihindari” tambahnya. (budhi/yd)

Tinggalkan Balasan