Kebakaran Lahan Bodong di Kabupaten Tanah Laut Menghalangi Jarak Pandang Pengendara Motor

TANAH LAUT, Limadetik.com — Hamparan lahan Bondong di perbatasan antara Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Banjar di Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati dan Liang Anggang Kabupaten Banjar,Senin, (23/7/2018) sekitar pukul 12.00 wita terbakar.

Diperkirakan seluas 10 hektar lahan Bondong yang terbakar. Kencangnya tiupan angin membuat kobaran api kian membesar, karena memang tanaman Bondong sudah terlihat kering dan mudah terbakar.

Akibat kebakaran lahan Bondong ini menyebabkan asap tebal dan cukup mengganggu arus lalu lintas di jalan A.Yani jurusan Pelaihari-Banjarmasin.

Seorang pengendara sepeda motor di laporkan harus berhenti sesaat karena pekatnya asap yang menyelimuti jalan raya.

Menurut Edwin Sihol, anggota Pemadam kebakaran dari unit Sat Pol PP dan Damkar Tala yang berada di lokasi kebakaran lahan menuturkan, kalau kebakaran lahan tersebut tidak segera di atasi maka di hawatirkan api akan merembet ke pemukiman warga dalam hitungan detik saja.

“Bisa merambat ke pemukiman warga kalau tidak segera dipadamkan apinya, dan ini sangat berbahaya bagi penggguna jalan” kata Edwin.

Ia menambahkan, akibat kebakaran lahan Bondong yang membawa asap tebal jarak pandang hanya kurang lebih 100 meter. Pengendara roda dua di jalan raya pun sementara pada berhenti mengingat mata perih saat melintasi jalan raya yang berasap.

“Untuk proses pemadaman api agak sulit mendapatkan air yang jaraknya cukup jauh agar bisa di sedot mesin air portabel.” imbuhnya.

Api dapat dijinakan sekitar pukul 14.30 wita karena koordinasi antara petugas pemadam serta bahu membahu seperti pemadam dari BPBD Tala, Manggala Agni, BPK Landu, BPK Pengayuan, BPK kehutanan provinsi Kalsel saling berjibaku memadamkan api. (heryand/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here