https://limadetik.com/

Kejari Sumenep Gelar Pemusnahan Barang Bukti Periode Maret 2021 – Juni 2022

Penulis: WahyuEditor: Suwandi
  • Bagikan
Kejari Sumenep Gelar Pemusnahan Barang Bukti Periode Maret 2021 - Juni 2022
FOTO: Kajari Sumenep, Trimo, SH.MH saat diwawancarai para awak media

LIMADETIK.com, Sumenep – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar pemusnahan Barang Bukti (BB) yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap periode Maret 2021 – Juni 2022.

Pemusnahan Barang Bukti (BB) hasil tangkapan dari sejumlah kasus tersebut dilaksanakan bertepatan jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-62. Kegiatan pemusnahan Barang Bukti berlangsung di halaman depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep.

https://limadetik.com/
Kejari Sumenep Gelar Pemusnahan Barang Bukti Periode Maret 2021 - Juni 2022
FOTO: Kajari Sumenep bersama Forkopimda saat melakukan pemusnahan BB

Nampak hadir dalam acara pemusnahan Barang Bukti (BB), Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumenep, Trimo, SH.MH, didampingi Plt Kasi BB dan Kasi lainnya, Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko didampingi sejumlah Kasat, selanjutnya, Kodim 0827 Sumenep Kepala OPD Sumenep, Kepala BBNK, Karutan, dan Ketua Pengadilan Negeri serta sejumlah undangan lainnya.

Barang Bukti (BB) yang dimusnahkan dari 207 perkara dengan 247 terpidana debagaimana rincian, 1. Kasus Narkotika 124 perkara, sebagai berikut. A. 141 terpidana, B. Pasal 127 sebanyak 53 orang terpidana, C. Pasal 112 sebanyak 68 terpidana, D. Pasal 114 sebanyak 2 orang terpidana. Rata-rata masa tahanan selama 3 tahun kurungan penjara.

“Ini barang bukti yang berhasil kita sita dan kita amankan dari para tersangka terhitung Maret 2021 hingga Juni 2022. Semuanya sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau incrah” kata Kajari Sumenep, Trimo, SH.MH saat acara pemusnahan barang bukti di halaman Kantor Kejari setempat, Selasa (19/7/2022).

Sementara untuk Barang Bukti dari perkara Kasus Narkoba tercata sebagai berikut, Sabu-sabu sebanyak 238, 86 gram, Handphone 112 unit dari berbagai jenis merk dan Bong atau alat hisap narkoba sebanyak 57 buah.

“Sedang untuk perkara Keamanan dan ketertiban masyarakat atau Kantibmas sebanyak 83 perkara dengan rincian, terpidana 106 orang, senjata tajam 30 orang, kemudian pakaian 82 buah dan minuman keras jenis bir bintang sebanyak 1 Kardus” ungkap Kajari.

 

Kejari Sumenep Gelar Pemusnahan Barang Bukti Periode Maret 2021 - Juni 2022
FOTO: Kasi Intel Kejari Sumenep, Novan Bernadi ikut memusnahkan barang bukti

Berkaitan dengan kasus narkoba, Kajari Sumenep, Trimo, SH.MH kembali menegaskan, bahwa pihaknya sudah menyediakan remuha rehab Adhyaksa yang di pusatian di RSUD dr.H.Moh.Anwar Sumenep bagi masyarakat yang terlibat kasus narkoba dengan ketentuan ketentuan yang ada.

“Bagi pengguna atau orang yang baru pertama kali menggunakan narkoba kita pastikan akan diselesaikan melalu rumah rehab Adhyaksa untuk penyembuhan, tentu syaratnya barang bukti nol koma persen, ini yang bisa memakai restorative justice. Tapi bagi yang sudah sering memakai ya tetap akan kita lakukan proses hukum sebagaimana mestinya” tukas Kajari Sumenep, Trimo, SH.MH.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan