https://limadetik.com/

Lereng Gunung Raung Terbakar, Pemadaman Terkendala Medan Berat

  • Bagikan
IMG 20191005 WA0084

BONDOWOSO, limadetik.com — Lereng Gunung Raung Terbakar, kebakaran Lereng Gunung tertinggi keempat di Jawa Timur ini ternyata bersumber dari wilayah yang masuk kawasan administrasi Kabupaten Bondowoso.

Kebakaran ini terjadi diduga karena panjangnya musim kemarau saat ini, namun yang terbakar bukan pohon-pohon yang di lereng gunung, tetapi tanaman jenis perdu seperti ilalang dan rumput liar.

https://limadetik.com/

Hal ini dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso Kukuh Triyatmoko.

Menurutnya titik api kebakaran ini ada di wilayah Bondowoso, memang jalur pendakian ke Gunung Raung berangkat dari Kalibaru Wonorejo, Banyuwangi, sedangkan titik api berada di Pos 7 yang masuk wilayah administrasi Bondowoso.

“Terdapat 13 Pos di Jalur pendakian dari Wonorejo ke Puncak Raung. Pos 4 sampai Pos 13 masuk wilayah Bondowoso. Posisi aman pendaki sebelum dievakuasi ada di Pos 9” ujar Kukuh, Sabtu (5/10/2019).

IMG 20191005 WA0083Masih menurut Kukuh, bahwa hingga kini Tim Gabungan Bondowoso sudah berada di lokasi untuk memadamkan api.

“Petugas pemadam api terdiri dari Tim Reaksi Cepat  (TRC), Koramil Sumberwringin, Polsek Sumberwringin serta beberapa relawan seperti Trenggana, Brigade Penolong, mereka sudah ada di TKP untuk melakukan upaya pemadaman, namun upaya pemadaman api terkendala oleh medan berat, jadi tidak memungkinkan untuk menggunakan peralatan berat. Sehingga dilakukan dengan upaya manual seperti memakai Gepyok, karung, tanah dan sebagainya” tambah Kukuh.

Dari informasi yang dikumpulkan Limadetik.com, kondisi angin di sana tidak terlalu kencang sehingga bukan menjadi kendala, namun kondisi medan yang berat menjadi penghalang kerja tim. (budhi/yt)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan