https://limadetik.com/

Lowongan Pekerjaan di Tengah Pandemi TUTUP?

  • Bagikan
ilustrasi LK 2
Ilustrasi foto lowongan kerja

Oleh : Briliant Manusakerti Wibowo

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi 2017, Universitas Muhammadiyah Malang.

https://limadetik.com/

Semenjak pandemi COVID-19 pada Februari 2020 hingga saat ini yang terus berimbas dengan banyaknya karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja atau yang sering kita dengar dengan sebutan PHK. Hal itu dikarenakan perusahaan tak sanggup membayar gaji maupun gulung tikar akibat dampak dari pandemi COVID-19 tersebut. Dan ternyata saat banyaknya perusahaan bangkrut dan PHK besar-besaran, buktinya masih ada perusahaan yang justru membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA hingga S2 di sejumlah posisi.

Ternyata audit internal perusahaan mulai berpikir bagaimana cara untuk membuka lowongan pekerjaan dengan segala prosedur seleksinya di tengah situasi yang sulit tersebut. Hal ini terjadi mungkin karena pada saaat pemutusan hubungan kerja pihak perusahaan kebablasan hingga banyak posisi atau jabatan yang kosong hingga mempengaruhi kegiatan operasional perusahaan.

Melihat di laman JobStreet.com, tak kurang ada 16.370 lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Lokasinya tidak melulu di Jakarta, tetapi kota-kota besasr lain seperti Surabaya hingga Palangkaraya juga ada. Jenis pekerjaan yang ditawarkan juga beragam mulai dari manager, sales, mekanik, IT programer, hingga content creator. Tetapi posisi mayoritas perusahaan yang membuka lowongan kerja adalah sebagai sales. Beberapa di antaranya adalah.

Selain itu, ada online sales admin customer service di PT Pamy Pneumatic, Jakarta Barat. Marketing Sales dan Marketing Staff di PT. Indo Tirta Abadi, Tangerang. Kepala Bagian Sales dan di PT. Putraduta Buanasentosa, Bandung. Asistent sales staff di PT Yakult Indonesia Persada, Kediri. Sales Supervisor di PT Jaya Pratama
Groserindo, Denpasar. Account Manager PT. Ruang Raya Indonesia, Palangkaraya.

Ada juga dari sektor keuangan seperti ODP finance dan accounting di PT Asuransi Sinarmas, Jakarta Raya. Tax Consultant di PT. Mandiri Kencana Sentosa, Surabaya. Staff Accounting di PT Indosukses Futures, Jakarta barat, Staff Keuangan dan Administrasi di PT. Bestprofit Futures, Malang.

Selain membuka lowongan pekerjaan untuk menambah karyawan akibat kekosongan posisi, beberapa auditor internal perusahaan juga melakukan perubahan pendekatan melalui remote auditing sebagai prosedur seleksi calon karyawan. Dengan remote auditing, auditor melakukan seluruh atau sebagian prosedur seleksi secara jarak jauh (remote).

Covid-19 sepertinya mempercepat inovasi. Sudah hampir satu dekade terakhir ini, profesi audit internal menganjurkan auditor untuk mengoptimalkan teknologi remote untuk melakukan review dan analisis dokumen, dan interview. Namun sebelum Covid-19, resistensi terhadap perubahan ini sangat besar. Setelah Covid-19 dan kita sudah mulai menikmati remote working, resistensi itu seperti menguap. Belakang ini perhatian terhadap remote auditing semakin besar.

Dengan tersedianya akses ini maka auditor mestinya sudah dapat melakukan review dokumen calon karyawan yang akan diterima. Dengan demikian, auditor bisa lebih fokus melaksanakan seleksi sisa sebagian prosedurnya, yakni interview calon karyawan. Bahkan prosedur interview juga bisa dilakukan melalui platform video conference yang ada sekarang, yakni melalui Zoom, Google meet, teleconferencing, atau pengiriman berupa photo/video.

Tahapan review dokumen yang berupa Curriculum Vitae (CV), tergantung pada kondisi, dan media yang ada. Kalau sebagian besar datanya dalam bentuk digital, auditor lebih mudah melakukan review. Kalau dalam bentuk fisik, harus ditentukan bagaimana cara calon karyawan menunjukkan dokumen untuk di-review? Platform sharing apa yang digunakan (misalnya, SharePoint, shared drive, dsb)? Apakah harus di-scan, bentuk pdf, atau diperlihatkan apa adanya? Auditor sebaiknya menentukan file dengan format apa yang wajib dikumpulkan oleh calon karyawan / pelamar kerja tanpa perlu memodifikasinya kembali.

Tahap interview secara remote dilakukan terutama menggunakan pertanyaan dan catatan yang dikumpulkan selama review dokumen berupa CV.  Interview sebaiknya menggunakan video conference (jangan hanya voice) agar bisa menangkap gerakan non-verbal dari calon karyawan.

Jadi, jangan patah semangat terus berjuang untuk masa depan yang lebih indah. Banyak informasi lowongan kerja yang tersedia di berbagai platform seperti instagram maupun website kemnaker, bisa juga lewat situs-situs loker terpercaya. Salam perjuangan !


catatan: seluruh isi artikel ini tanggungjawab penulis sepenuhnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan