Daerah

LTM PWNU DKI Jakarta Gelar Pelatihan Dai Moderat

×

LTM PWNU DKI Jakarta Gelar Pelatihan Dai Moderat

Sebarkan artikel ini
LTM PWNU DKI Jakarta Gelar Pelatihan Dai Moderat

LTM PWNU DKI Jakarta Gelar Pelatihan Dai Moderat

LIMADETIK.COM, JAKARTA – Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta mengadakan pelatihan dai moderat. Acara tersebut diadakan di Masjid Jami Al-Munawwaroh Ciganjur Jakarta Selatan. Kamis (30/5/2024).

Ketua LTM PWNU DKI Jakarta KH Yusrul Hana dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk wadah silaturahmi antar pengurus LTM, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), dan Jama’ah.
“Kegiatan ini ingin menunjukkan kehadiran LTM di tengah-tengah masyarakat.

“Problematika isu keagamaan di masyarakat hari ini begitu beragam, yang perlu kita kasih pemahaman lebih ialah sosok yang memberikan dakwahnya yaitu seorang da’i. melalui mimbar-mimbar masjid musholla dan kajian di majelis taklim, mereka menjelaskan isi yang akan disampaikan. Isi yang akan disampaikan ini harus sesuai kaidah nahdlatul ulama, yaitu moderat tidak senggol kanan dan kiri,” katanya.

KH Yusrul Hana menjelaskan pendakwah atau dai moderat yang harus dihadirkan ke Masyarakat “Tidak sedikit kita semua mendengar segelintiran pendakwah atau da’i yang menyinggung orang lain hingga pemerintah. Hal ini yang harus kita hindari sebagai warga nu yang mengedepankan etika dan sopan santun. Dan ini yang menjadi tugas utama LTM untuk mengadakan kegiatan pelatihan dai moderat,” jelasnya.

Pembicara Gus Islah Bahrawi mengatakan da’i moderat ialah kunci suasana menjadi sejuk dan damai.

“Ini penting disampaikan, karena dakwah yang moderat memiliki dampak yang sangat besar, terlebih dalam menjaga polarisasi politik dan agama. Da’i moderat bisa membuat Masyarakat semakin erat dan bersatu. Dan kegiatan-kegiatan seperti ini perlu diperbanyak agar Masyarakat semakin cerdas dan tak mudah digiring kepada opini yang negatif,” katanya.

Gus Islah Bahrawi menjelaskan Masyarakat islam Indonesia harus menjadi sosok umat yang rahmatan lil ‘alamin. “Menjadi sosok umat yang penuh kasih sayang terhadap seluruh semesta alam. Umat yang rahmatan lil ‘alamin ialah umat yang menjunjung tinggi moderat, toleran, seimbang dan adil. Jika keempat ini dijalani Masyarakat islam Indonesia, lambat laun tanah air tempat kita dilahirkan ini akan menjadi damai aman dan tentram, sehingga anak cucu kita kedepan merasakan kenikmatan hidup di negara yang tercinta ini,” jelasnya.

× How can I help you?