https://limadetik.com/

Manfaatkan Lahan Pekarangan, DKPP Sumenep Salurkan Bantuan Bagi 8 Kelompok Tani

  • Bagikan
Manfaatkan Lahan Pekarangan, DKPP Sumenep Salurkan Bantuan Bagi 8 Kelompok Tani
FOTO: kelompok P2L bersama Kurratul Aini Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan

SUMENEP, LimaDetik.Com – Sebagai salah satu program kegiatan pendukung ketahanan pangan yaitu kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyalurkan bantuan bagi 8 kelompok tani.

Kegiatan program P2L yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik Ketahanan Pangan dan Pertanian Tahun Anggaran 2021 tersebut diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan yang beragam bergizi seimbang di tingkat rumah tangga. Serta program tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga ditengah masa pandemi Covid 19 seperti saat sekarang ini.

https://limadetik.com/

Arif Firmanto, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep melalui Kurratul Aini Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan menyebutkan 8 kelompok penerima program P2L tersebut tersebar di beberapa Kecamatan, diantaranya, Kecamatan Ambunten, Gapura, Kalianget, Rubaru, Bluto, Batuan, Arjasa dan Kecamatan Gili Genting.

“Ada kelompok tani, ada juga kelompok wanita tani”, jelas Kurratul Aini kepada media ini pada Kamis 17 Juni 2021 di ruang kerjanya

Lanjut Aini, besaran nominal anggaran bantuan untuk perkelompok itu sebesar Rp 55 juta. Bantuan tersebut disebutkannya, langsung masuk ke rekening kelompok (Penerima) dengan dua tahap proses pencairan.

“Tahap pertama pencairan itu harus dibelanjakan sesuai rencana kegiatan anggaran (RKA) yang dibuat oleh kelompok untuk sarana pemanfaatan pekarangan”, pungkasnya.

(rasadi/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan