Menyimak Pesan Kodam V/Brawijaya Saat Nudzulul Qur’an

SURABAYA, Limadetik.com – Nuzulul Qur’an merupakan suatu peristiwa penting bagi seluruh umat Muslim. Karena, dalam peristiwa itu, Nabi Muhammad SAW, telah menerima surat pertama AL-Qur’an yang diturunkan oleh Allah SWT.

Untuk memperingati peristiwa penting itu, seluruh prajurit TNI dan PNS di wilayah Makodam V/Brawijaya yang berada di wilayah Surabaya dan Sidoarjo, berkumpul di masjid At-Taqwa, Jalan Raden Wijaya, Kota Surabaya. Rabu, 30 Mei 2018.

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, M. A, mengungkapkan, peringatan Nuzulul Qur’an yang digelar pagi ini, merupakan salah satu momentum dalam membina keimanan dan ketaqwaan di dalam diri masing-masing prajurit.

“Sehingga dapat didayagunakan sebagai landasan spiritual, moral dan etika kehidupan prajurit Kodam V/Brawijaya dan keluarganya dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari,” kata Pangdam.

Oleh karena itu, sehubungan dengan momentum tersebut, orang nomor satu di tubuh Makodam itu menilai, ayat suci Al-Qur’an, bukanlah suatu bahan perpustakaan bagi umat muslim, sekaligus bukan dijadikan suatu ajang alunan suara yang merdu.

“Al-Qur’an, jauh lebih bermakna dari kehidupan kita. Apalagi, jika kita mau memahami dan mengamalkan isi dan kandungannya dengan baik kepada umat muslim lainnya,” pinta Mayjen Arif.

Al-Qur’an, menurut Pangdam, pada dasarnya mengajarkan seluruh umat muslim untuk saling mengenal, ta’aruf, saling memahami dan saling bekerjasama, maupun tolong menolong.

Menurut Pangdam, pesan-pesan yang terkandung di dalam ayat suci Al-Qur’an, sangat penting untuk di refleksikan oleh setiap prajurit TNI, terlebih Kodam V/Brawijaya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sehari-hari, baik sesama prajurit maupun masyarakat.

“Hal ini, tentunya telah sejalan dengan tema yang kita usung kali ini yaitu, Dengan Hikmah puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 143 H/2018 Masehi, kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada ALLAH SWT, sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas pokok TNI,” terang Mayjen TNI Arif Rahman.

Sementara itu, di tempat yang sama. Hal senada juga ditambahkan oleh Prof. Dr. H. M. Nasir Elhaq Abadi. Menurutnya, digelarnya acara peringatan Nuzulul Qur’an ini dinilai peting untuk dipahami oleh para prajurit yang hadir di masjid At-Taqwa pagi ini. “Kejadian itu, mengingatkan kita untuk terus senantiasa membaca Al-Qur’an seperti yang dilakukan oleh Nabio Muhammad SAW, waktu itu,” ujarnya. “Sebab, orang yang terbiasa membaca Al-Qur’an, omongannya tidak pernah bohong,” tambahnya Ustad yang juga seorang dosen di Universitas Trunojoyo, Bangkalan ini.

Tak hanya dihadiri Pangdam dan prajurit, serta PNS di Makodam saja. Namun, berlangsungnya acara peringatan tersebut, juga dihadiri oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya, Brigjen TNI Widodo Iryansyah, S. Sos. Irdam V/Brawijaya, Kolonel Arh Purwo Sudariyanto, para Asisten Kasdam, sekaligus beberapa Kepala Badan Pelaksana (Kabalak) dan Ketua serta Pengurus Persit Kodam V/Brawijaya. (red)

 

Kependam (Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto, S. IP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.