https://limadetik.com/

Opini: Kopdar Kah..? atau Deklarasi Pilkada 2020

  • Bagikan
IMG 20200229 WA0114

SUMENEP,  1 Maret 2020

Limadetik.comOleh: Wahyudi

https://limadetik.com/

Kopi darat (Kopdar) yang digelar Kapolres Sumenep bersama Insan Pers berisikan Deklarasi Damai Pilbup tahun 2020. Acara kopdar sendiri berlangsung di Caffe Ramio jalan Dr.Cipto, Sumenep, Jawa Timur.

Saat acara kopdar berlangsung tidak sedikit Insan Pers yang hadir merasa terkejut, sebab, di pertengahan acara kopdar setelah Kapolres AKBP Deddy Supriadi menyampaikan sambutannya lalu di susul perwakilan media oleh Ferry Arbania (Madura Expose).

Berselang beberapa menit kemudian tiba-tiba dibentangkan sepanduk/banner bertulisakan Pilkada damai tahun 2020 lalu disusul dengan pembacaan naskah ikrar bersama oleh Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S dan meminta diikuti awak media yang hadir.

Setelah pembacaan naskah ikrar bersama media selesai dibacakan, satu persatu perwakilan media dari masing masing organisasi wartawan yang ada di Sumenep diantaranya, PWI, KJS, AMOS, IWO, PWRI termasuk pula AJI diminta maju ke depan untuk menanda tangani naskah perjanjian Pilkada damai di Kabupaten Sumenep.

Sedikitnya, ada 2 orang dari masing masing perwakilan dari organisasi wartawan yang maju ke depan untuk membubuhkan tanda tangan Ikrar bersama dalamrangka pilkada damai tahun 2020 di Sumenep agar tetap Damai, Aman dan kondusif.

Dalam acara yang bertemakan “Kopdar Kapolres Sumenep bersama Media” ini masih menyisakan pertanyaan bagi sebagian awak media yang hadir sepanjang acara berjalan, apa maksud dari semua ini. Di mana kita ketahui bersama bahwasanya undangan yang dilayangkan oleh pihak Polres Sumenep melalui pesan WhatsApp Kasubbag Humas Polres Sumenep (WA group) hanya berisikan kurag lebih

Kepada Yth :

1. Wakapolres Sumenep

2. Para PJU Polres Sumenep

3. Para Kapolsek Jajaran Polres Sumenep

4. Awak media

Assalamu’alaikum wr wb

Mengharapkan dengan hormat kehadirannya Bapak dan ibu dalam rangka KOPDAR ( Kopi Darat ) Kapolres Sumenep Akbp Deddy Supriadi,S.I.K.,M.I.K pada:

Hari.       : Sabtu

Tanggal : 29 Februari 2020

Pukul.    : 19.00 wib.

Tempat : Caffe Rameo  Jl Dr Cipto Sumenep.

Hiburan : Elekton

Pakaian : Polri – PDL KempolM

Media – Bebas rapi.

Demikian surat undangan dari kami, atas kehadirannya kami sampaikan terimakasih

Wassalamu’alaikum wr wb.

Begitu isi undangan yang dikirimkan dalam WA group media bersama Kasubbag Humas Polres Sumenep.

Jika kita perhatikan secara seksama, nampaknya tidak ada dalam teks undangan WA tersebut menyebutkan Ikrar berasama Pilkada damai, namun jelas tertulis KOPDAR Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi, S.I.K, M.I.K.

Hingga akhirnya banyak pertanyaan yang muncul dari beberapa teman media walau itu tidak di sampaikan secara langsung kepada pihak Polres, tapi itu hanya sebatas guyonan saja bagi para Insan Pers yang hadir malam itu. Tidak sedikit teman media melayangkan guyonannya apakah kita ini dijebak dengan deklarasi pilkada damai, hehe..begitulah candaan yang spontanitas.

Penulis pun sedikit bercanda dengan teman media lainnya, kalaupun ini jebakan itu artinya kita terjebak dalam kemanfaatan dan kemaslahatan yang menyenangkan. Sebab kita sudah diajak Kopdar disuguhkan para penyanyi yang menghibur, habis gitu disuruh makan lagi..hahaha, begitulah canda kami.

Namun nampaknya Insan Pers yang hadir di acara Kopdar itu berharap ke depannya acara yang sangat penting dan bermanfaat itu akan lebih tertata dan terinci apa saja yang akan disajikan dalam kegiatan di maksud.

Tapi adalah sebuah kehormatan bagi Insan Pers, dimana pesan penting dalam acara Kopdar yang cukup hangat itu, ialah Polres Sumenep begitu pedulinya dengan awak media tanpa harus membedakan siapa dan bagaimana. Begitu pula ke akraban anggotanya, seperti Kasat Reskrim AKP Oscar Stefanus Setjo yang menyalami dan menyapa seluruh awak media tanpa terkecuali.

Terakhir Insan Pers berharap, semoga komunikasi bersama pihak Polres Sumenep tetap terjaga dengan baik dan berjalan sesuai yang diharapkan. Terimakasih Kapolres Sumenep, Bapak AKBP Deddy Supriadi dan suruh jajarannya tanpa terkecuali

Penulis adalah Peminpin Redaksi Limadetik.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan