Ketua KPU Sumenep, Abd Waris

SUMENEP, Limadetik.com – Partisipasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur di Kabupaten Sumenep, rendah. Buktinya, angka partisipasi masyarakat hanya sekitar 60 persen.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Abd Waris mengaku manargetkan angka partisipasi pemilih mencapai 70 persen. Tetapi faktanya tidak sampai.

“Kami sebenarnya telah berusaha secara maksimal menyosialisasikan Pilkada Jatim di Sumenep dengan harapan angka partisipasinya bisa 70 persen. Namun, sesuai hasil pemantauan di lapangan, memang cukup rendah,” kata Warits, Kamis (28/6/2018).

Jumlah pemilih Pilkada Jatim 2018 di Sumenep sesuai daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan oleh KPU setempat sebanyak 854.158 orang. Sedangka jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Jatim di Sumenep sebanyak 2.400 TPS yang tersebar di 27 kecamatan.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Sumenep, Imam Syafi’e meminta agar KPU melakukan evaluasi pelaksanaan Pilgub Jatim.

“Berdasarkan hasil pemantauan kami, angka partisipasi pemilih pada kisaran 50 persen hingga 60 persen. Rendahnya angka partisipasi Ini wajib dievaluasi, utamanya oleh KPU Sumenep,” kata Imam. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here