ARJASA, Limadetik.com — Ikatan mahasiswa kepuluan kangean Malang (Imaka) mengelar Olimpiade Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (Olimip) pada hari minggu dan senin 3-4 Februari 2019 pertempat di SMA Negri 1 Arjasa.

Kegiatan ini adalah program kerjam IMAKA Malang untuk dijalankan di kepuluan kangean, IMAKA malang melihat kondisi pendidikan ditingakat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang ada di kepuluan kangean perlu kiranya untuk ditingkatkan dari segi kompetensi disiplin ilmu matematika dan ilmu pengetahuan Alam.

Ketua umum IMAKA malang Kanda supriadi mengatakan, bawahsanya kegiatan ini langkah awal untuk memupuk kualitas siswa yang masih duduk di Sekolah Dasar karena kita lihat di sekolah dasar yang dekat dengan segala fasilitas

“Tentunya tidak diragukan lagi kemampuannya salah satu contoh di SD yang ada di kota-kota besar ,nah langkah inilah untuk melihat dan memberi salah satu metode baru bagaimana menjawab tangtangan yang telah disiapkan oleh panitia” kata Supriadi, Kamis (7/2/2019).

Menurut Supriadi, mencerdaskan kehidupan bangsa adalah bagian dari pada tujuan negara dalam bunyi alenia ke empat pembukaan UUD 1945, dengan ini, tentunya memulai kompetensi mempersiapkan generasi emas di wajah baru Indonesia kedepan secara khusunya di kepulauan kangean.

Sementara itu, Koordinator Pendidikan Kecamatan Arjasa, Ami mengatakan, kegiatan ini jangan sampai berhenti di periode ini, tetapi dijadikan kegiatan rutin Imaka setiap pereode.

“Saya selalu mensuport selama mendidik siswa di pulau kangean, Imaka harus menjadi pelopor dalam gerakan-gerakan yang bermanfaat terhadap masyarakat kepuluan kangean. Ini adalah bagian dari perjuangan Imaka dan menjadi contoh sebagai organisasi kemahasiswaan kepada organisasi lain, ini suatu kebanggaan buat saya” ungkapnya.

Selain itu Supriadi kembali menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh 12 sekolah, dalam setiap tim 2 orang dan terdiri dari 30 tim dan 60 peserta, adapun dalam sistem lomba yang disuguhkan panitia ada dua babak, yang pertama penyisihan pada hari minggu dan dilanjutkan pada hari senin memilih 5 tim terbaik.

“Artinya ini antusias para siswa sangat banyak mengikuti kegiatan ini , tentu kedepannya Imaka akan memberi inovasi baru sesuai dengan kebutuhan pendidikan yang ada di kepuluan kangean, harapannya adik-adik peserta lomba tetap semangat belajar, hadiah hanyalah bonus tetapi proses yang memberikan pelajaran lebih kepada siswa” pungkasnya.

Sekedar diketahui, 5 Tm terbaik dibabak penyisihan

1. SDN Pendeman I

2. SDN Pandeman I

3. SDN Kolo-Kolo I

4. MI Al-Washilah

5. SDN Pandeman I

Untuk hadiah juara 1-5, panitia pelakasana memberikan penghargaan berupa Sertifikat, Piala, serta Tabungan pendidikan. (sugik/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here