SUMENEP, limadetik.com – Pemerntah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar Festival Ketupat 2019. Festival Ketupat tahun ini dSumenep limadetik.ci tempatkan di Wisata Pantai Slopeng, Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Rabu (12/6/2019).

Baca juga: Lebaran Ketupat, Ribuan Pengunjung Serbu Pantai Lombang

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, mengatakan dengan acara ini diharapkan agar  masyarakat mengembangkan tradisi lebaran ketupat. Sebab ini merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.

“Budaya ketupatan ini harus dijaga kemurniannya dan perlu untuk dikembangkan,” katanya.

Pihaknya berharap, festival tersebut mampu memberikan dampak positif secara ekonomi kepada masyarakat. Maka dari itu, pemerintah dalam hal penyediaan ketupat dalam festival ini bekerjasama dengan masyarakat sekitar pantai.

“Semua ketupat ini adalah dari masyarakat dan kita beli semua. Dari itu masyarakat mendapatkan dampak ekonimi,” ujarnya.

Dalam acara itu ada sekitar 1.000 porsi ketupat yang diberikan kepada para pengunjung secara gratis. Selain para kaula muda yang menikmati indahnya Slopeng, tanpak hadir juga Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi beserta Sekda, Edy Rasyiadi. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here