https://limadetik.com/

Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Terhadap Keputusan Pembeli Bedak Wajah Viva Cosmetics

  • Bagikan
Bedak Tabur Lokal Paling Bagus Viva Cosmetics Perfection Natural Bright Loose Powder

Oleh : Sheva Aulia

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

https://limadetik.com/

Penurunan produksi dan rendahnya tingkat penjualan dikarenakan kemasan produk viva yang jadul dan bila dibandingkan dengan brand kosmetik lainnya sudah kalah saing. Kemasan produk juga dapat menentukan daya minat pembeli. Seiring dengan berkembangnya zaman produk viva ini dianggap masih belum mampu untuk berinovasi dalam meningkatkan kemasan dalam produk. Bahkan dapat dikatakan bahwa kualitas produk dengan harga yang relative murah ini memiliki standart yang mumpuni, namun tidak siap di masa depan dengan mulai banyaknya brand kosmetik yang menawarkan harga murah dengan kualitas dan kemasan yang terkesan mewah.

Ada banyak konsumen yang membuat keputusan dalam membeli berdasar pada desain produknya, karena sebuah desain produk yang baik akan mengindikasikan kualitas, penampilan dan juga kinerja, kemudahan setiap penggunanya dan keandalannya. Desain produk maupun jasa menjadi sebuah faktor yang menentukan kesuksesan dari suatu produk atau jasa. Dalam menciptakan sebuah desain produk atau jasa yang baik, bisa membawa banyak manfaat di dalam bisnis.

Manfaat dari desain produk ini antara lain : Dapat meningkatkan kinerja,efisiensi, dan nilai produk/jasa, Mengurangi resiko dan biaya bagi bisnis, Meningkatkan jangkauan produk di pasar, sehingga akan meningkatkan penjualan dan mempercepat pengembalian investasi yang dilakukan. Desain produk yang cermat juga akan mengurangi biaya produksi, Mampu mengoptimalkan penggunaan bahan dan meminimalkan biaya berlebih.

Penyebab Menurunnya Produk Viva yaitu :Pimpinan PT. Vitapharm sudah merasa puas dengan hasil yang didapatkannya, Muncul nya produk kosmetik yang menawarkan harga murah dengan desain produk yang memumpuni, Turunnya Ekspor sehingga mengakibatkan banyaknya produk dan brand dari luar negeri yang masuk ke Indonesia dengan harga yang rendah, Melemahnya ekonomi dalam negeri.

Kelemahan Desain Produk yaitu : Desain produk tidak mengikuti zaman dan tidak ada inovasi dalam pengemasan produk sehingga membuat konsumen merasa jenuh, Kemasan yang digunakan tidak efisien karena dapat mempengaruhi kualitas produk viva contohnya saja pada produk kemasan bedak tabur viva yang menggunakan plastic sashet. Hal ini dianggap kurang baik karena dirasa kurang aman dan mudah tumpah ataupun bocor.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian bedak wajah viva cosmetics seperti kualitas produk, persepsi harga, desain produk, iklan, promosi, dan berbagai faktor lainnya yang mendorong seseorang memutuskan untuk membeli suatu produk. Dalam melakukan penilaian terhadap keputusan pembelian dapat menggunakan market share (pangsa pasar) atau brand share suatu merek, pangsa pasar merupakan suatu alat ukur untuk mengetahui seberapa sering merek suatu produk digunakan.

Pada tahun 2014 -2016, bahwa pangsa pasar viva sebagai merek yang menguasai pasar pada tahun 2014 sampai 2015 kemudian berganti pada merek dagang wardah menguasai pangsa pasar ditahun 2016. Brand share bedak wajah viva mencapai 25,2% ditahun 2014 namun mengalami penurunan sebesar 5% pada tahun 2015 yaitu 20,2% kemudian pada tahun 2016 brand share bedak wajah viva tercatat 16,7% yang artinya mengalami penurunan sebesar
3,5%. Penurunan pada kurun waktu tiga tahun ini harus menjadi titik fokus perhatian mengingat pesaing terberat viva yaitu wardah terus mengalami peningkatan brand share pada tiga tahun terakhir. Dapat disimpulkan penurunan pangsa pasar viva menunjukkan bahwa penurunan juga pada minat beli produk bedak wajah viva.


Catatan : seluruh isi artikel tanggung jawab penulis sepenuhnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan