https://limadetik.com/

Pilkades Serentak di Sumenep Terancam Ditunda

  • Bagikan
IMG 20200212 WA0071

SUMENEPlimadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur pada tahun ini akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Dijadwalkan pesta demokrasi itu bakal digelar pada November 2020. Namun, rencana itu berpotensi ditunda. Penundaan tersebut berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tanggal 24 Maret 2020 Nomor 141/2577/SJ perihal saran penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak dan Pemilihan Kepala Desa antar waktu.

https://limadetik.com/

“Semua lembaga wajib patuh terhadap suasana kejadian yang luar biasa ini (Covid-19) termasuk pelaksanaan Pilkades ini sampai dicabutnya suasana pandemi covid 19,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli, Jumat (24/4/2020).

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Sosial menjelaskan, secara teknis Pilkades bisa digelar tahun ini apabila status pandemi Covid-19 dicabut oleh pemerintah minimal Juni 2020. Namun, apabila status bencana nasional terus diperpanjang, kemungkinan besar pelaksanaan Pilkades serentak ditunda pada tahun 2021.

“Ya apabila awal Juni wabah virus corona ini selesai, maka menjadi pertimbangan kami untuk dipertimbangkan. Tapi kalau sampai akhir Juni belum selesai kemungkinan akan ditunda pada tahun berikutnya,” terangnya.

Sebab pelaksanaan Pilkades serentak merupakan kewajiban untuk dilaksanakan di tahun 2020 berdasarkan Peraturan Bupati Sumenep. Secara teknis sudah selesai semua tinggal pelaksanaan.

“Amanah Perbup pilkades serentak dilaksankan pada 2020 dan 2026. Regulasinya sudah ada semua,” imbuhnya. (hoki/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan