Rumput Laut di Pulau Sapeken Meningkat, Petani Berharap Ini Pada Pemkab Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com — Sejak awal 2018 hasil petani rumput laut di Desa Tanjung Kiaok, Kecamatan Sapeken, Sumenep, Jawa Timur terus meningkat dengan kwalitas rumput laut yang cukup baik.

Seorang petani rumput laut di desa tanjung kiaok, kecamatan sapeken, M. Yusuf mengatakan jika sejak awal tahun 2018 hasil pertanian rumput laut di daerahnya cukup bagus dan terus meningkat hasilnya.

“Alhamdulillah sejak awal tahun 2018 hingga saat ini memasuki bulan ke delapan hasil tani rumput laut di daerah kami (tanjung kiaok) cukup bagus, begitu juga dengan harga cukup lumayan daripada tahun sebelumnya” kata M. Yusuf pada limadetik.com via Whatsapp Kamis, (2/8/2018).

Pria yang juga salah satu aparatur Desa ini menambahkan, jika pemerintah di desanya terus mengupayakan agar para petani rumput laut di daerahnya bisa terus menanam sepanjang musim. Sebab menurutnya mata penghasilan masyarakat yang bisa diharapkan saat hanya rumput laut.

“Pemdes setempat terus berupaya memberikan ruang dan waktu bagi masyarakatnya untuk bercocok tani rumput laut, sebab inilah salah satu pekerjaan yang menjadi harapan kami untuk bisa memberikan nafkah pada keluarga, disamping pekerjaannya biaa sedikit santai kemudian juga tidak bertentangan dengan hukum”, Sebut Yusuf.

Selain itu, menurut Yusuf masyarakat di desanya sangat berharap, agar pemerintah daerah kabupaten sumenep terus meningkatkan pelatihan-pelatihan ataupun pengembangan dalam bertani terhadap penduduk setempat, disamping mengharapkan bantuan permodalan dan penambahan peralatan petani rumput laut agar bisa bertahan dalam pekerjaan tersebut.

“Ya kami sebagai masyarakat petani rumput laut berharap pemkab sumenep ini benar-benar peduli terhadap petani rumput laut baik secara permodalan ataupun tambahan bantuan bagi para petani di desa tanjung kiaok dan umumnya petani diseluruh wilayah kecamatan sapeken” pungkasnya. (yd/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here