https://limadetik.com/

Sempat Vakum Karena Covid-19, Paguyuban Jenggala Manik Kembali Beraktifitas

  • Bagikan
Sempat Fakum Karena Covid-19, Paguyuban Jenggala Manik Kembali Beraktifitas

SIDOARJO, LimaDetik.Com – Kebudayaan Nusantara yang amat sangat banyak tentunya merupakan suatu kebangaan bagi kita semua. Dan saat ini banyak juga bermunculan paguyuban atau perkumpulan kebudayaan yang melestarikan kebudayaan Nusantara itu sendiri.

Salah satunya Paguyuban Budaya Jawi Jenggala Manik yang sempat libur dari segala kegiatan karena wabah covid-19 yang melanda Nusantara sejak tahun 2020 lalu.

https://limadetik.com/

Untuk mengaktifkan kembali kegiatan Paguyuban Budaya Jawi Jenggala Manik, para pengurus kembali berkumpul pada tanggal 29 Maret 2021 bertempat di rumah bapak Agus Djigang Djojo di Desa Pademonegoro, Kecamatan Sukodono, Kabupatren, Sidoarjo.

“Kegiatan rutin Macapat Senin Wage malam Selasa Kliwon atau yang sering disebut malam Anggoro Kasih. Dan ini baru kita laksanakan kembali setelah setahun penuh tidak ada kegiatan” kata Ketua paguyuban jenggala manik, Bambang Hermutoko.

Selain itu lanjut Bambang, pertemuan rutin tersebut sekaligus rapat perencanaan untuk kegiatan Paguyuban Budaya Jawi Jenggala Manik yang dihadiri pada sesepuh Paguyuban Budaya Jawi Jenggala Manik.

“Sebagai ketua umum Paguyuban Budaya Jawi Jenggala Manik, saya amat sangat berterima kasih kepada bapak Agus Djigang Djojo yang telah memberikan waktu dan tempat untuk kegiatan rutin macapat serta bersedia untuk ditempati kegiatan kebudayaan di waktu yang akan datang” terangnya.

Menurut Bambang menambahkan, kebudayaan Nusantara jangan sampai hilang atau tergerus oleh jaman, kebudayaan Nusantara harus bisa bertahan bahkan bila perlu bisa berkembang.

“Kebudayaan nusantara ini harus tetap dilestarikan dan dijaga, sehingga nanti bisa lebih berkembang” tukasnya.

(msa/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan