Scroll Untuk Membaca Artikel
Artikel

Pentingnya Sensus Pertanian 2023 dalam Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional

×

Pentingnya Sensus Pertanian 2023 dalam Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Sebarkan artikel ini
Pentingnya Sensus Pertanian 2023 dalam Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional
Sukseskan Sensus Pertanian 2023 untuk Ketahanan Pangan Nasional

Pentingnya Sensus Pertanian 2023 dalam Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Oleh : Fauziatun Najwa
Prodi: Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

ARTIKEL – Pertanian merupakan sektor yang memiliki peranan signifikan untuk membangun perekonomian nasional sebagai penyuplai bahan pangan dan mengentas kemiskinan. Dalam arti luas pertanian meliputi bercocok tanam, kehutanan, perikanan dan peternakan.

Kini sensus pertanian 2023 telah kembali untuk mencatat pertanian di Indonesia dengan tujuan mensejahterakan para petani Nusantara, dengan adanya sensus pertanian yang dilakukan secara berkala yaitu setiap 10 tahun sekali dapat diketahui data dengan harapan akurat yang berstandar Internasional dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan program kerja pemerintah di sektor pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan Nasional.

Mendapatkan data yang akurat dan berstandar internasional itulah tantangan yang dihadapi BPS. Untuk mendapatkan data yang akurat dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, kesalahan besar yang dibuat adalah dengan membiarkan BPS bergerak sendiri dalam menjalankan tugasnya.

Pemerintah dapat memberikan tugas kepada menteri yang berhubungan dengan program ini seperti menteri pertanian untuk membantu BPS agar mendapatkan data yang akurat. Tantangan lain yang dihadapi oleh BPS yaitu mengajak seluruh petani Indonesia agar mau dicatat data pertaniannya, kebanyakan para petani takut saat ditanya oleh petugas sensus, sebelum melakukan sensus pertanian petugas sensus dapat mengedukasi atau bersosialisasi terlebih dahulu tentang pentingnya sensus pertanian bagi mereka.

Untuk memperoleh data yang berstandar Internasional sensus pertanian harus menjadikan World Program of the Census of Agriculture (WCA) dan Food and Agriculture Organization (FAO) sebagai pedoman dalam pengambilan data sensus.
Mari kita sukseskan bersama sensus pertanian 2023 ini agar para petani dan masyarakat di Indonesia sejahtera.

Sebab data yang akurat akan menjadi landasan dalam pengambilan keputusan di masa depan untuk menghadapi masalah yang tidak terduga. Data yang akurat juga akan mengetahui kemampuan dan masalah yang dihadapi petani. Misalnya cuaca yang berubah-ubah, hama tanaman yang merajalela dan masalah lain yang dapat mengakibatkan gagal panen.

Masalah-masalah tersebut bisa teratasi jika mendapatkan data yang akurat dari sensus pertanian, karena data yang akurat dapat memprediksi masalah apa yang akan terjadi dan mempersiapkan solusi yang efektif dari masalah tersebut.

Santri Gen-Z
Artikel

Santri Gen-Z Oleh: Noris Soleh Kang Santri Nusantara…

× How can I help you?