Musi Rawas, Limadetik.com – Guna mempercepat mengatasi persoalan Saluran Irigasi di Kabupaten Musi Rawas khususnya di Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi dan Sumberharta, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan mengumpulkan seluruh Petugas Penjaga Pintu Air (PPA) dan Penyuluh, Kamis (29/11/2018) malam di Pendopo Bupati.

Dikatakan Bupati, tujuan mengundang seluruh PPA dan penyuluh selain menjalin silaturahmi juga yang paling untama untuk mencari solusi atas permasalahan petani yang mengalami kekurangan air.

“Persoalan kekurangan air ini, merupakan masalah yang sudah sangat akut. Sudah puluhan tahun masalah ini belum terselesaikan, namun saya menyakini secara bertahap persoalan ini akan dapat terselesaikan dengan baik” kata Bupati Hendra Gunawan.

Ia menegaskan beberapa strategi yang akan dilakukan, diantaranya melakukan pemetaan potensi masalah air dari BK 1 sampai BK 16. “Memperbaiki saluran irigasi baik secara gotong royong maupun dengan menggunakan dana daerah, berkoordinasi dengan bebagai pihak baik pemilik kolam, instansi terkait, pihak balai dan pusat” terangnya.

Selain itu, Bupati mengharapkan kepada penjaga pintu air agar dapat bekerja secara maksimal dalam mengatur tatakelola air sehingga air ini dapat dimanfaatkan oleh petani dalam upaya meningkatkan produktifitas hasil persawahan

Bupati juga meminta kepada seluruh Camat dan Kepala desa untuk bersatupadu dengan masyarakat dan petani agar terus melakukan goting royong dalam memperbaiki dan membersihakan saluran irigasi sehingga berfungsi secara optimal.

“Harapan saya kepada seluruh petani dan masyarakat untuk menjadikan masalah air ini menjadi masalah bersama dan harus diselesaikan. Dan sya meyakini persoalan ini secara bertahap dapat diselesaikan dengan baik dan dapat memenuhi seluruh kepentingan” ungkapnya.

Hadir dalam pertemuan ini, Asisten II Syaiful Ibna, Kadis PUCKTR Ristanto Wahyudi, Kadis Pertanian dan Peternakan, Tohirin dan pejabat lainnya dilingkungan Kabupaten Mura. (Pranata/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here