Scroll Untuk Membaca Artikel
Artikel

Tak Perlu Keluar Rumah! Ini 5 Olahraga di Rumah Yang Cocok Untuk Kamu Si Introvert

×

Tak Perlu Keluar Rumah! Ini 5 Olahraga di Rumah Yang Cocok Untuk Kamu Si Introvert

Sebarkan artikel ini
Tak Perlu Keluar Rumah! Ini 5 Olahraga di Rumah Yang Cocok Untuk Kamu Si Introvert
Ilustrasi olharga di rumah

Tak Perlu Keluar Rumah! Ini 5 Olahraga di Rumah Yang Cocok Untuk Kamu Si Introvert

Oleh : Fadilah Nur Octavia
Prodi : Ilmu Keolahragaan
Fakultas : Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Malang

___________________________

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

ARTIKEL – Kesibukan padat, atau kamu si introvert yang malas ke luar rumah untuk sekedar olahraga?

Tempat fitness yang ramai dan mahal, atau lingkungan sekitar rumah yang tak kondusif memang sering menjadi alasan kenapa seseorang malas berolahraga di luar ruangan.

Namun, ternyata kini banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan di rumah, bahkan dengan biaya minim atau tanpa peralatan khusus.

Berikut lima jenis olahraga murah dan simpel yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan tanpa perlu harus meninggalkan kenyamanan rumah.

1. Lari di Tempat
Lari di tempat menjadi salah satu pilihan olahraga yang paling mudah untuk kamu lakukan di rumah bahkan olahraga ini tidak memerlukan alat tambahana apapun. Kamu hanya perlu menyediakan sedikit ruangan kosong dan kamu pun sudah bisa untuk melakukan lari di tempat.

Tentunya kamu harus mulai dengna pemanasan ringan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga ini. Pastikan kamu melakukan lari di tempat sesuai dengan intensitas yang kamu butuhkan. Siapa sangka, lari di tempat yang simpel ini selain mudah dilakukan, namun juga bermanfaat untuk melatih sistem kardiovaskular tubuh, dan membakar kalori tubuh.

2. Senam atau Peregangan
Senam menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin olahraga fleksibel yang bisa kamu lakukan bahkan di kamar kamu sekalipun. Kini cukup banyak viceo panduan senam maupun peregangan yang tersebar di internet (Youtube) yang bisa kamu akses. Senam ternyata memiliki berbagai manfaat, seperti melancarkan sirkulasi darah, dan menjaga fleksibilitas tubuhmu.

3. Latihan Kekuatan Tubuh
Nah pasti diantara kalian sudah sering mendengar latihan seperti push up, squats, lunges maupun sit-up. Latihan ini dapat kamu lakukan di rumah tanpa perlu menggunakan peralatan mahal. Latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot tubuh secara signifikan.

Menurut Jurnal Serina Abdimas tentang Latihan Kekuatan Otot, ternyata latihan ini mampu meingkatkan kebugaran tubuh, dengan catatan bahwa latihan ini dilakukan secara rutin di rumah. Dengan melakukannya secara rutin, kamu mampu melakukan kegiatan sehari-hari tanpa menimbulkan lelah berlebihan sebab ototmu sudah terlatih dengan baik.

4. Yoga
Yoga bukan hanya menjadi latihan fisik namun juga latihan mental, olahraga ini dapat kamu lakukan di mana saja, termasuk di dalam rumah sekalipun. Kamu hanya pelrlu sedikit ruang kosong, dan alas yoga untuk memulai. Yoga memiliki manfaat untuk meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

Tak hanya itu, dalam Jurnal Yoga dan Kesehatan, yoga ternyata mampu mengurangi stress, pencegahan depresi dan meningkatkan kesehatan mental. Ini cocok banget untuk kamu yang introvert dan lagi burn out karena kuliah atau pekerjaan, yoga jadi salah satu solusi terbaik nih.

5. Skipping
Skipping atau lompat tali bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk kamu yang mlas keluar rumah. Kamu hanya perlu siapkan tali lompat yang terjangkau dan siapkan sedikit tempat kosong. Meskipun tergolong olahraga yang simpel, berdasarkan Jurnal Sport Science and Health, skipping bisa meningkatkan kelincahan, membakar banyak kalori, meningkatkan koordinasi dan melatih otot tubuhmu.

Lantas tunggu apa lagi, dari 5 olahraga tersebut kamu bisa sesuaikan mana yang cocok untuk kamu dan layak untuk dicoba di rumah.

Sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk malas bergerak, pastikan kamu tetap aktif bergerak meskipun di dalam rumah..

Santri Gen-Z
Artikel

Santri Gen-Z Oleh: Noris Soleh Kang Santri Nusantara…

× How can I help you?