Ilustrasi

SUMENEP, limadetik.com – Hingga memasuki pertengahan tahun 2019, belum ada satu pun proyek fisik di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, Sumenep, Jawa Timur yang terealisasi. Bahkan proyek yang anggarannya di bawah Rp200 juta atau menggunakan sistem penunjukan langsung juga belum ada yang terealisasi.

“Sampai saat ini tidak satu pun proyek fisik yang terealisasi. Sebab, ada perubahan regulasi, salah satunya berkaitan dengan E-PL,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Eri Susanto, Kamis (16/5/2019).

Kendala lain, sambung pria yang karib disapa Eri, disebabkan perencanaan belum tuntas. Sehingga belum juga terealisasi. “Perencanaan proyek masih ada yang belum klir. Namun, hanya sebagian saja. Tinggal sedikit,” terangnya.

Meski begitu, pihaknya memastikan akan segera merealisasikan proyek tersebut setelah semua dinyatakan selesai sesuai aturan. Sehingga setelah lebaran Idul Fitri 1440 nanti diprediksi PL akan diluncurkan.

Sementara untuk proyek yang harus melalui proses lelang, kata dia saat ini sebagian sudah dilaksanakan lelang di LPSE. Sebab, proyek besar inu menjadi perhatian dari pihaknya, terutama yang bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus).

“Ya, lelang sudah dimulai. Ada beberapa paket yang sudah masuk tahap lelang. Sebab, jika terlambat bisa menjadi beban APBD,” imbuh Eri. (hoki/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here