Tangkal Informasi Hoax, Gubernur Jatim Minta AMSI Tegakkan Profesionalitas

SURABAYA, Limadetik.com – Sejumlah pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayan Jawa Timur dilantik.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jatim Soekarwo, mengusulkan agar AMSI melakukan uji kebenaran informasi. Hal Ini untuk menangkal informasi hoax. Kemudian hasil uji kebenaran disampaikan ke masyarakat.

“Profesionalisme AMSI harus ditegakkan. Salah satunya dengan melakukan pengecekan kebenaran informasi,” kata Soekarwo, Jumat (10/8/2018).

Dalam pelantikan pengurus AMSI periode 2017-2020, Pakde Karwo mengatakan, saat ini media dan teknologi atau dikenal dengan media siber bisa mengarahkan, bahkan juga merekayasa perilaku masyarakat. Karena itu, pelaku atau “stakeholder”nya juga harus di appraisal sesuai dengan disiplinnya.

“Informasi yang disampaikan harus betul-betul dicek kebenarannya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua AMSI Wilayah Jatim Arief Rahman mengapresiasi Gubernur Jatim Pakde Karwo selalu memberikan yang terbaik untuk wartawan di Jatim. Salah satunya memberikan tempat Grahadi kepada AMSI Jatim dalam acara pelantikan pengurus dan anggota AMSI.

“Terima kasih sudah memberikan kesempatan kepada AMSI Jawa Timur untuk menyelenggarakan acara di sini. Kami tidak menyangka pelantikan ini dilaksanakan di Grahadi,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Dewan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi Dwi Eko Lokononto yang mengatakan, keberadaan AMSI akan memperkuat dewan pers dan membela marwah dewan pers.

“Salah satu bentuk program yang telah dilakukan AMSI, yakni mengadakan pelatihan cek fakta melalui kerjasama dengan Google Lab,” terangnya. (tnt/hoky/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here