https://limadetik.com/

Tiga Bulan Dilantik, DPRD Sumenep Belum Miliki BK

  • Bagikan
Gedung DPRD Sumenep limadetik

SUMENEP, limadetik.com – Setelah tiga bulan lalu sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Jawa Timur resmi dilantik, hingga kini mereka belum memiliki Badan Kehormatan (BK).

Wakil Ketua DPRD Sumenep, Indra Wahyudi mengungkapkan, belum terbentuknya BK karena beberapa alasan. Salah satu alat kelengkapan dewan ini membutuhkan keputusan politik

https://limadetik.com/

Diakui bahwa pengusulan dari beberapa fraksi-fraksi sudah 3 bulan yang lalu. Hanya persoalan BK ini bukan serta merta usul yang sekadar ditetapkan dan dibacakan dalam forum paripurna.

“BK ini butuh keputusan politik, karena keanggotaaannya dipilih dan disetujui oleh anggota dewan. Dibacakan dan ditetapkan melalui forum paripurna. Berbeda dengan alat kelengkapan yang lain,” katanya, Kamis (2/1/2020).

Pihaknya menegaskan, apabila keanggotaan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang lain tidak perlu proses pemilihan melainkan bersifat delegatif dari fraksi untuk kemudian hanya dibacakan dan ditetapkan dalam forum paripurna.

Dia menilai hal itulah yang menjadi salah satu kendala, sehingga antar fraksi bisa saja masih melakukan komunikasi politik yang bisa saja cukup alot untuk menentukan nama-nama yang layak dipilih sebagai anggota BK DPRD setempat.

Meski demikian, pihaknya optimis pada bulan ini BK sudah bisa terbentuk. Sehingga semua alat kelengkapan dewan sudah terbentuk 100 persen. “Kami optimis Januari ini sudah terbentuk,” imbuhnya.(hoki/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan