UMK Sumenep 2019 Naik, Berikut Besarannya

SUMENEP, limadetik.com – Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 2019 naik. Hal itu diketahui setelah Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumenep menerima salinan keputusan besaran UMK 2019 dari Gubernur Jatim, Soekarwo.

Kepala Disnaker Sumenep, Moh. Fadhillah mengungkapkan, dengan turunnya salinan keputusan tersebut, pemerintah daerah akan melakukan sosialisasi kepada sejumlah perusahaan guna menerapkan UMK sesuai yang telah ditetapkan.

“Kami akan sosialisasikan besaran UMK 2019 ke para pengusaha. Karena besaran UMK itu sudah turun dari Gubernur Jatim,” katanya, Selasa (20/11/2018).

Mantan Kepala Dinas Perhubungan menyebutkan, besaran UMK 2019 untuk Sumenep Rp 1.801.406. Besaran itu lebih besar dibanding UMK 2018 yang hanya Rp 1,6 juta.

“Dengan keputusan itu, maka perusahaan harus membayar sesuai besaran UMK. Apabila ada perusahaan yang tidak mampu, ada mekanismenya sendiri agar pembayaran upah bagi karyawannya itu bisa dibayar dibawah UMK yang telah ditentukan,” tegasnya.

Fadhillah menegaskan, hasil evaluasinya selama 2018, ditemukan ada perusuhaan yang membayar karyawannya dibawah UMK. Mereka mayoritas perusahaan yang hanya memiliki 4-5 karyawan dan masa kerjanya hanya 4 jam dalam sehari.

“Pada 2018 memang masih ada (membayar karyawan dibawah UMK. Kami harap pada 2019 semua perusahaan mampu membayar karyawannya sesuai UMK,” harapnya. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here