22 Rumah di Samarinda Hangus Terbakar

Red: Rudy

Kebakaran 22 rumah di Samarinda

SAMARINDA, Limadetik.com – Puluhan rumah warga di Jalan Sejahtera Indah I RT 34, Temindung Permai, kecamatan Sungai Pinang, Samarinda, Kalimantan Timur, dini hari tadi hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. Namun seorang pemuda diduga berkelainan jiwa diamankan, lantaran diduga pembakar rumah.

 

Kebakaran itu mengejutkan warga yang tengah tertidur lelap. Belum diketahui jelas sebabnya. Namun diduga, akibat ulah seorang warga yang diduga menderita gangguan jiwa.

Tidak kurang 14 unsur tim pemadam baik dari Dinas Pemadam Kebakaran Samarinda, BPBD, TNI dan Polri relawan kebencanaan, hingga petugas pemadam swasta diterjunkan ke lokasi kawasan padat pemukiman itu.

“Kurang tahu persis sebabnya. Cuma ada 1 orang anak muda yang diamankan, karena diduga sebagai pembakar rumah,” kata salah seorang warga setempat, Suryadi, k, Senin (7/5).

Tim relawan yang bertugas ikut membantu memadamkan api, juga memastikan 1 orang diduga pembakar rumah diamankan. “Benar ada 1 orang yang diamankan, diduga pembakar rumah. Warga ini memang alami gangguan jiwa,” kata salah satu koordinator relawan tim reaksi cepat (TRC), Joko Iswanto.

Sekitar 2 jam kemudian kobaran api berhasil dipadamkan. BPBD kota Samarinda melansir data sementara, 22 bangunan tinggal, 2 bangsal dan 1 tempat ibadah hangus terbakar.

“Rumah yang terbakar terbuat dari kayu. Ada sekitar 39 kepala keluarga atau sekitar 141 jiwa kehilangan tempat tinggal,” kata petugas tim Tanggap Darurat BPBD Samarinda, Nanang Arifin, dikonfirmasi terpisah.

Nanang memastikan tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. Meski demikian, informasi awal penyampaian peristiwa sempat simpang siur. “Karena kawasan padat, akses jalan sempit untuk unit tanki masuk ke lokasi,” ujar Nanang.

“Memang di lokasi sekitar ada anak sungai, tapi sedang surut. Selain itu juga, angin juga kencang di lokasi,” tambahnya lagi.

Sementara itu kepolisian juga membenarkan telah mengamankan 1 orang warga dari lokasi kebakaran. “Benar. Ada 1 orang yang kita amankan di kantor,” kata Kanit Reskrim Polsek Sungai Pinang Ipda Wawan Gunawan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here