3.199 Guru Swasta di Kemenag Sumenep terima Insentif

SUMENEP, Limadetik.com — Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep cairkan insentif guru RA,MI,MTs dan MA. Sasaran penerima insentif kali ini dikhususkan bagi guru swasta di bawah naungan Kamenag.

Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kementerian Agama Sumenep, Moh.Tawil saat dikonfirmasi mengatakan, sasaran dari bantuan insentif kali ini dikhususkan bagi guru swasta yang ngajar di RA,MI,MTs dan MA.

“Kita khususkan bantuan insentif ini bagi guru swasta yang ada di RA sampai MA, sebagai bentuk rangsangan bagi para guru swasta untuk tetap bisa mengabdi di lembaga masing-masing” kata Kasi Pendma, Selasa (8/1/2019) saat ditemui di ruang kerjanya.

Disinggung terkait bantuan tunjangan fungsional bagi guru swasta yang sebelumnya ada di Kemenag, Tawil panggilan akrabnya mengatakan bantuan insentif ini berbeda dengan tunjangan fungsional, dimana insentif ini khusus bagi guru swasta yang belum Sertifikasi Guru (Sergur).

“Sebenarnya kalau boleh dibilang gantinya tunjangan fungsional bisa juga sih, namun tetap ada bedanya, sebab insetif ini di dalamnya guru yang sudah sertifikasi dan guru yang sudah status PNS tidak boleh nerima bantuan insentif” jelas mantan Ketua Koperasi Kemenag Sumenep ini.

Sementara itu, nominal yang diterima bagi guru swasta untuk insetif tersebut sebesar Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) perbulannya, namun menurut tawil anggaran untuk tahun 2018 tidak memcukupi untuk dibayarkan selama setahun penuh sehinagga pihaknya menyiasati dengan cara dibagi, untuk RA dan MI masing-masing dibayarkan selama 4 bulan, sementara MTs.dan MA cukup dibayarkan 3 bulan.

“Untuk anggaran tahun 2018 insentif bagi guru ini belum bisa mencukupi untuk dibayarkan setahun penuh, hingga kami siasati, untuk RA dan MI kita bayarkan 4 bulan sedangkan MTs dan MA hanya cukup 3 bulan. Tapi untuk tahun 2019 ini kami pastikan terbayar 1 tahun penuh” terangnya.

Untuk diketahui, jumlah penerima insentif bagi guru swasta tahun 2018 sebanyak 3199 penerima dengan rincian bank yang melayani Bank Jatim 2852 guru, BRI 316, guru dan BNI 31 guru (yd/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here