Angkat “Perempuan Berdaya Indonesia Jaya” Dalam Peringatan Hari Ibu Ke-89 Di Situbondo

Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH saat jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ibu.

SITUBONDO, Limadetik.com – Dalam rangka memperingati Hari Ibu Ke-89 Pemerintah Kabupaten Situbondo menggelar upacara di Alun-Alun Situbondo, Jumat (22/12/2017) pagi tadi.

Upacara yang bertemakan “Perempuan Berdaya Indonesia Berjaya” berlangsung lancar.

Pembacaan iklar pada upacara peringatan Hari Ibu yang berlangsung di Alun-Alun Kota Situbondo

Upacara Hari Ibu dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Situbondo, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Situbondo, Ormas, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan tamu undangan lainnya.

Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH sebagai Inspektur Upacara dalam sambutannya mengatakan, “Peringatan Hari Ibu setiap tahun diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang meningkatkan kualitas hidup masyarakat”

“Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Jogjakarta,” ujar Dadang.

Dadang menambahkan, “Momentum Hari Ibu dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan kaum ibu dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan”.

Menurut Dadang, ” Agama telah memberikan pedoman dan sejalan dengan konstitusi. Maka itu, peran perempuan sejatinya negara telah memberikan ruang yang sama antara kaum perempuan atau ibu dengan kaum lelaki dan tak ada alasan bagi kita semua peran-peran penting serta strategis hanya milik laki-laki”, pungkasnya.

“Perjalanan selama 89 tahun lamanya, telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi. Khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia”, sambungnya.

Sementara itu, juga dilaksanakan penyerahan CSR dari Bank Jatim Situbondo berupa mobil donor darah yang diberikan kepada Ketua PMI Cabang Situbondo Hj. Umi Kulsum SH serta penyerahan sepeda motor kepada salah satu Puskemas dari Bupati Situbondo. (aka/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here