Ilustrasi PNS

SUMENEP, limadetik.com РPada bulan Ramadan tingkat produksifitas biasanya tidak setinggi hari-hari biasa. Pasalnya, setiap ummat Muslim yang berpuasa sekitar 13 jam tidak mengkonsumsi makanan dan minuman.

Mereka yang berpuasa inginnya tidak banyak bergerak. Apalagi pada siang hari dengan kondisi yang cukup panas. Lalu apakah ini berpengaruh terhadap tingkat kedisiplinan dan kinerja para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur?

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusian (BKPSDM) Sumenep, Abd Majid memastikan tidak berpengaruh. Buktinya, tingkat kedisiplinan PNS di lingkungan Pemkab Sumenep dinilai baik sejak awal Ramadan.

“Puasa ini tidak berpengaruh terhadap proses pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya, Kamis (16/5/2019).

Dari pantauannya, tingkat kedisiplinan para abdi negera sejak awal puasa di lingkungan terbilang baik. Para PNS di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemkab tetap aktif masuk seperti hari biasa melakukan kerja-kerja pelayanan, bahkan tepat waktu mengikuti apel pagi.

Mantan Kasatpol PP ini menerangkan, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim memberi atensi khusus terhadap kedisiplinan pegawai selama Ramadan dengan mengintruksikan Instansi terkait memantau langsung ke OPD-OPD termasuk kecamatan melalui inspeksi mendadak.

“Untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan maksimal dan PNS tidak menjadikan puasa sebagai alasan mengabaikan tugas dan kewajibannya,” katanya.

Bahkan berdasarkan hasil evaluasinya, tidak ada penurunan. Buktinya mereka tetap aktif sesuai jam kerja yang ditentukan. Ada pun untuk kepulauan, pengawasannya diserakan kecamatan karena kondisi geografisnya yang jauh dari jangkauan.

“Kamu mengimbau PNS tidak bermalas-masalan apalagi bolos selama puasa supaya pelayanan publik tetap maksimal,” sarannya. (hoki/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here