banner 728x250

Bencana Alam Landa Wilayah Sidoarjo, Puluhan Rumah Alami Kerusakan

  • Bagikan
Bencana Alam Landa Wilayah Sidoarjo, Puluhan Rumah Alami Kerusakan
FOTO: Rumah yang dilanda puting beliung di Sidoarjo
banner 468x60

SIDOARJO, LimaDetik.Com – Bencana alam berupa angin kencang yang disertai hujan lebat melanda beberapa wilayah di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Akibatnya, puluhan rumah dilaporkan mengalami kerusakan serta kerugian harta benda, Kamis (11/3/2021) sekira pukul 15.30 WIB.

Mengetahu kejadian bencana alam tersebut, sejumlah anggota Forum Relawan Sidoarjo Tangguh (FOREST) langsung melakukan tindakan menuju ke lokasi untuk membantu warga terdampak bencana yang diikuti Soetanto Kabiro Limadetik.com. Dengan lokasi yang berbeda-beda dan berjauhan.

banner 336x280

Berdasarkan pantauan di lapangan dan radio monitor jumlah rumah yang terdampak meliputi Kecamatan Krembung desa Rejeni 1 warkop ambruk rata dengan tanah. Kecamatan Tulangan desa Grogol 15 rumah terdampak dengan kondisi genting tersapu angin. (rusak sedang 3, ringan 12), desa Kepadangan pohon tumbang menimpa 1 rumah. Desa Kemantren 5 rumah rusak ringan.

“Untk Kecamatan Tanggulangin Desa Pangkemiri ada 1 pohon yang tumbang dan menimpa rumah warga, tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa hanya rusak ringan saja dan relawan FOREST sudah ikut melakukan pertolongan” kata Komandan Regu Sore, Iwan S, Jumat (12/3/2021).

Bencana Alam Landa Wilayah Sidoarjo, Puluhan Rumah Alami Kerusakan
FOTO: Relawan FOREST Saat memberikan bantuan bagi warga yang mengalami bencana alam

Sementara itu tambah Iwan, untuk Kecamatan Sidoarjo Desa Lebo pohon tumbang menutup sebagian jalan, Kecamatan Sedati Desa Gesik Cemandi sekitar 15 rumah Rusak sedang sampai ringan. Atapnya yang tersapu angin kencang. Desa Tambak Cemandi 3 rumah rusak sedang dan sisanya rusak ringan.

“Kerusakan yang paling minim tertimpa bencana alam angin kencang tersebut ada di Kecamatan Gedangan Desa Wedi, di sana hanya ada 1 rumah saja yang mengalami kerusakan dan itu hanya rusak ringan” terangnya.

Sebelumnya lanjut Iwan S. Danru (Komandan Regu sore) menjelaskan, berdasarkan radio pantau sekira jam 15.30 WIB pihaknya mendapatkan informasi jika sedang terjadi musibah hujan deras disertai angin kencang yang mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan rumah yang terdampak. Ia pun bersama tim nya bergegas menuju lokasi bencana alam.

“Berdasarkan info yang kita dapatkan langsung mengirimkan anggota ke area berdampak. Dan bagi rumah terdampak mulai dari rusak sedang hingga dengan berat untuk sementara kita bantu berupa terpal. Untuk besok (hari ini jumat) akan dilanjutkan oleh tim Rehabilitasi dan Kontruksi Badan Penanggulan Bencana Daerah Sidoarjo (RR BPBD) Kabupaten Sidoarjo.

Dari kejadian bencana alam tersebut, tidak diketahui adanya korban jiwa. Namun kerusakan rumah dan harta benda diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

(msa/yd)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Comment