Ilustrasi

BENGKULU, Limadetik.com – Gempabumi berkekuatan 4,7 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu, Rabu 24 Januari 2018, sekira pukul 07.40 WIB. Getaran gempa itu dirasakan cukup kencang oleh masyarakat Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dan sekitarnya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,7 terletak di episenter pada koordinat 4.60 Lintang Selatan dan 102.79 Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 40 km arah barat daya Bengkulu Selatan, pada kedalaman 65 km.

Berdasarkan peta shakemap, tampak bahwa dampak gempabumi berupa guncangan lemah dirasakan di Kabupaten Kepahiang dalam skala intensitas II MMI dan dirasakan cukup kuat di Liwa Provinsi Lampung, Kota Bengkulu, Manna dalam skala intensitas III-IV MMI. Namun, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan dari masyarakat.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak ini merupakan gempabumi dengan kedalaman menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, tepatnya di Zona Megathrust, yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala BMKH Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Masyarakat di daerah Pesisir Barat dan Selatan Bengkulu diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG.

“Masyarakat diminta tetap waspada. Sebab gempa tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi,” demikian Litman. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here