SUMENEP, Limadetik.com — Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si membuka acara seminar Nasional yang digelar di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bahaudin (STIEBA) Sumenep, Madura, Jawa Timur, dengan tema “Pemerintahan Desa Mengahadapi Era Society 5.0″ Sabtu (16/3/2019).

Dihadapan 18 Camat dan 18 kepala desa serta ratusan yang hadir dalam seminar Nasional ini, Bupati Sumenep mengatakan, pemerintah daerah mengapresiasi digelarnya seminar nasional ini, dimana menurutnya melalui seminar bisa meningkatkan informasi bagi semua pihak terkait pembangunan desa agar menjadi referensi pengelolaan desa di masa mendatang.

“Kita berharap kegiatan seminar seperti ini bisa memberikan pencerahan kepada kita semua, terutama pemerintahan desa untuk mepersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) desa dan memperkuat jaringan dengan desa lain yang lebih maju.” kata Bupati.

Mantan Ketua DPRD Sumenep dua periode ini menegskan, era society 5.0 tantangannya adalah kesiapan SDM akibat belum sepenuhnya mampu menguasai teknologi informasi, sehingga pemerintah Kecamatan dan Desa sejak saat ini, sudah harus mempersiapkan diri meningkatkan pengetahuan teknologi informasi.

“Agar desa nya tidak terbelakang dari segala kemajuan, tentunya saya berharap pihak Kecamatan dan Desa memacu penyiapan SDM untuk memanfaatkan teknologi informasi menuju era society 5.0” harap Politisi PKB ini.

Dikatakannya, negara-negara maju di luar sana sudah sejak lama menerapkan era society 5.0, sementara di Indonesia masih berkutat dengan era revolusi 4.0, itu sebabnya pemerintah saat ini terus mengembangkan peran dan kemampuan skill sumber daya manusia untuk mengisi era industri 4.0.

“Kalau kita melihat negara-negara maju di luar sana sebenarnya sudah lama menerapkan era society 5.0 seluruh teknologi penginderaan, robotika, komunikasi, dan big data akan menyatu menjadi solusi untuk berbagai masalah yang sebelumnya dianggap tidak dapat terpecahkan, termasuk juga dalam meningkatkan pembangunan desa, sementara kita Indonesia baru mau memulai dan saat ini sedang mengisi era industri 4.0” pungkas Bupati dua periode ini.

Pada gelaran seminar kali ini nampak beberapa tokoh nasional yang hadir di Kampus STIEBA Madura, Sumenep sebagai pemateri, seperti; Taufik Madjid, S.Sos, M.Si Dirjen PPMD Kemendes PDTT yang akan menyampaikan materi tentang Kesiapan Desa Menghadapi Society 5.0 dan Prof. Prijono Tjiptoherijanto, SE, MA, Ph.D Guru Besar FEB UI menyampaikan tentang Teori Pembangunan Ekonomi Daerah.

Selain dihadiri Dirjen PPMD Kemendes PDTT, Taufik Madjid, S.Sos, M.Si dan Guru Besar FEB UI Prof. Prijono Tjiptoherijanto, SE, MA, Ph.D. Nampak hadir pula anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Dr. Achsanul Qosasi sekaligus sebagai asli putra daerah Sumenep. (yd/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here